UMI RUSFITA, 126205201056 (2024) PENGEMBANGAN EMOPA (E-MODUL IPA) BERBASIS SAINTIFIK MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA UNTUK KELAS V MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER-.pdf Download (850kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (586kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
![]() |
Text
BAB III..pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
![]() |
Text
BAB IV..pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V..pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Umi Rusfita, 2024, Pengembangan EMOPA (E-Modul IPA) Berbasis Saintifik Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Kelas V MIN 11 Blitar. Skripsi, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Taulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: EMOPA, E-Modul IPA, Saintifik, Sifat-Sifat Cahaya, Kelas V Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan pemahaman siswa kelas V MIN 11 Blitar dalam materi IPA, terutama tentang sifat-sifat cahaya. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran pembelajaran yang dapat menarik minat siswa serta memfasilitasi pemahaman mereka terhadap konsep-konsep abstrak. Oleh karena itu, pengembangan EMOPA (E-Modul IPA) berbasis saintifik ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan menyediakan media pembelajaran interaktif yang menggabungkan teks, audio, video, dan simulasi yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui desain pengembangan produk EMOPA berbasis saintifik materi sifat-sifat cahaya untuk kelas V MIN 11 Blitar. (2) mengetahui proses pengembangan EMOPA berbasis saintifik dalam pembelajaran materi sifat-sifat cahaya di kelas V MIN 11 Blitar. (3) mengetahui efektivitas penggunaan EMOPA berbasis saintifik dalam pembelajaran materi sifat-sifat cahaya di kelas V MIN 11 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mempunyai 5 tahap yaitu analisis (Analyze), perencanaan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan uji coba produk. Penelitian dilakukan di MIN 11 Blitar dengan subjek siswa kelas V. Uji coba produk dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu uji ahli, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan pengembangan EMOPA berbasis saintifik pada materi sifat-sifat cahaya untuk siswa kelas V di MIN 11 Blitar melalui serangkaian langkah model ADDIE melibatkan tahapan analisis kebutuhan siswa, desain produk berbasis elektronik, serta pengembangan media pembelajaran yang interaktif. Proses pengembangan ini memanfaatkan aplikasi seperti Canva dan Bookcreator untuk membuat modul yang memadukan teks, gambar, audio, dan video. Penggunaan EMOPA bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. (2) Pengujian dilakukan melalui uji coba kelompok kecil dan besar dengan melibatkan 40 siswa. Hasil uji coba menunjukkan bahwa EMOPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terlihat dari perbedaan nilai rata-rata post-test antara kelas kontrol dan eksperimen, yang menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas yang menggunakan EMOPA. Dari uji normalitas dan homogenitas, data hasil uji pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. (3) Implementasi EMOPA memberikan dampak positif, siswa lebih antusias dalam mempelajari materi sifat-sifat cahaya. Media pembelajaran pembelajaran ini dinyatakan layak dan efektif digunakan di kelas V MIN 11 Blitar, dengan persentase kelayakan mencapai 90%. Hambatan yang ditemukan meliputi kurangnya pemanfaatan teknologi oleh guru dalam pembelajaran sebelum pengembangan EMOPA. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan EMOPA berbasis saintifik merupakan solusi yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA, khususnya sifat-sifat cahaya. Hal ini tercermin dari peningkatan hasil belajar siswa setelah implementasi EMOPA di MIN 11 Blitar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205201056 UMI RUSFITA |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 07:04 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 07:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56361 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |