PUTRI SEPTIYANINGSIH, 126207203102 (2024) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 7 Tulungagung). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (565kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Putri Septiyaningsih, NIM. 126207203102, 2024 M, “Implementasi Kepemimpinan Transformasional dalam Manajemen Berbasis Sekolah [Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 7 Tulungagung]”, Skripsi, Jurusan MPI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung, dosen pembimbing: Dr. H. Ali Rohmad, M. Ag. Kata kunci : Kepemimpinan Transformasional, Manajemen Berbasis Sekolah. Fokus penelitian : 1. Bagaimana kiat kepala madrasah memperkokoh idealisasi pengaruh (idealized influence) kepada para guru beserta para tenaga kependidikan ke arah implementasi Kepemimpinan Transformasional dalam Manajemen Berbasis Sekolah di MTsN 7 Tulungagung ? ; 2. Bagaimana kiat kepala madrasah memperkokoh motivasi inspirasional (inspirational motivation) kepada para guru beserta para tenaga kependidikan ke arah implementasi Kepemimpinan Transformasional dalam Manajemen Berbasis Sekolah di MTsN 7 Tulungagung ?; 3. Bagaimana kiat kepala madrasah memperkokoh stimulasi intelektual (intelectual stimulation) kepada para guru beserta para tenaga kependidikan ke arah implementasi Kepemimpinan Transformasional dalam Manajemen Berbasis Sekolah di MTsN 7 Tulungagung ?; 4. Bagaimana kiat kepala madrasah memperkokoh konsiderasi individual (individualized consideration) kepada para guru beserta para tenaga kependidikan ke arah implementasi Kepemimpinan Transformasional dalam Manajemen Berbasis Sekolah di MTsN 7 Tulungagung ?. Penelitian ini dengan dipandu teori Kepemimpinan Transformasional penulis belajar mengadopsi “paradigma postpositivistik”. Kehadiran peneliti: mulai 29 Maret 2023. Sumber data: informan, peristiwa/aktivitas, dokumen/arsip, lingkungan madrasah. Teknik pengumpulan data: Observasi-partisipan, Wawancara-mendalam, dan Dokumentasi. Data: Ringkasan Data. Prosedur analisis data: kondensasisi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data: perpanjangan kehadiran, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi (sumber dan metode serta waktu), pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil Penelitian: 1. Kiat kepala madrasah memperkokoh idealisasi pengaruh (idealized influence) kepada para guru beserta para tenaga kependidikan ke arah implementasi Kepemimpinan Transformasional dalam Manajemen Berbasis Sekolah di MTsN 7 Tulungagung: a. pembelajaran akademik dan non-akademik disesuaikan dengan visi dan misi madrasah sebagai pusat pengembangan imtaq dan iptek; b. mengimplementasikan visi, misi, dan tujuan madrasah ke dalam program kerja ke arah penguatan pembelajaran yang ditopang kerjasama dengan pihak terkait; c. memperhatikan kritik dan saran dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam pengambilan keputusan atau kebijakan; d. mengedepankan aklāq karīmah semisal jujur, terbuka, keteladanan, ikhlās. 2. Kiat kepala madrasah memperkokoh motivasi inspirasional (inspirational motivation) kepada para guru beserta para tenaga kependidikan ke arah implementasi Kepemimpinan Transformasional dalam Manajemen Berbasis Sekolah di MTsN 7 Tulungagung: a. pemberian motivasi yang dilakukan kepala madrasah pada setiap kesempatan; b. memberikan semangat kerja kepada tenaga pendidik dan kependidikan; c. memberikan dukungan kecukupan waktu, dukungan pembiayaan, dukungan moral; d. lebih mengedepankan pemberikan reward melalui ucapan terima kasih serta pelatihan peningkatan kompetensi. 3. Kiat kepala madrasah memperkokoh stimulasi intelektual (intelectual stimulation) kepada para guru beserta para tenaga kependidikan ke arah implementasi Kepemimpinan Transformasional dalam Manajemen Berbasis Sekolah di MTsN 7 Tulungagung: a. mengadakan rapat secara teratur untuk melakukan sharing atau musyawarah tentang kegiatan pembelajaran atau masalah tertentu; b. melakukan peningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan; c. menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang semakin canggih; d. secara rutin melakukan penilaian kinerja dengan mengikuti jadwal yang sudah ada di madrasah; e. selalu melakukan evaluasi pada program pembelajaran. 4. Kiat kepala madrasah memperkokoh konsiderasi individual (individualized consideration) kepada para guru beserta para tenaga kependidikan ke arah implementasi Kepemimpinan Transformasional dalam Manajemen Berbasis Sekolah di MTsN 7 Tulungagung: a. mendengarkan dengan penuh kepedulian terhadap ide, kritik serta saran yang diberikan oleh tenaga pendidik dan kependidikan; b. memberikan dukungan kepada kebutuhan prestasi dan kebutuhan tenaga pendidik sesuai dengan kemampuan tenaga pendidik dan kependidikan; c. memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan prestasi dan pertumbuhan tenaga pendidik dan kependidikan melalui kerjasama dengan pihak terkait; d. memberikan keteladanan dalam disiplin kerja untuk dapat dijadikan panutan oleh warga madrasah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203102 PUTRI SEPTIYANINGSIH |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 03:36 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 03:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56466 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |