PERAN IBU DALAM PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Safiatul Aminah, 175315011 (2017) PERAN IBU DALAM PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF AL-QUR’AN. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya kesadaran para ibu akan pentingnya peranan mereka dalam pendidikan anak-anaknya. Maka dari itu, penelitian ini diarahkan sebagai upaya mencari jawaban al-Qur’an tentang pentingnya peran ibu dalam pendidikan anak. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah (1) Bagaimanakah pandangan al-Qur’an tentang pendidikan anak ? (2) Bagaimanakah pandangan al-Qur’an tentang profil ibu ? (3) Bagaimanakah pandangan al-Qur’an tentang peran ibu dalam pendidikan anak serta solusi bagi pelaksanaan peran tersebut?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pandangan al-Qur’an tentang pendidikan anak. (2) Mengetahui pandangan al-Qur’an tentang profil ibu. (3) Mengetahui tuntunan yang diberikan al-Qur’an terkait pentingnya peran ibu dalam proses pendidikan anak. Penelitian ini menyimpulkan, (1) Pendidikan menurut al-Qur’an adalah sebuah upaya penanaman nilai atau etika yang mulia dalam diri anak didik dan pengembangan potensi yang ada dalam dirinya. Sehingga nantinya ia mampu merumuskan ide sebagai langkah menuju terciptanya manusia berpengetahuan dan lahirnya aneka ilmu pengetahuan, serta mampu mensinergikan antara hubungan dengan Tuhannya (h}abl min Alla>h), hubungan dengan manusia yang lain sebagai bagian dari makhluk sosial (h}abl min al-na>s), serta hubungan dengan alam sebagai lingkungannya (h}abl min al-‘alam). (2) Profil ibu dalam al-Qur’an dapat ditelusuri melalui empat term, yaitu al-umm, al-wa>lidah,wa>lida>ni dan abawa>ni. Selain melalui term-term tersebut profil ibu juga dapat ditelusuri melalui beberapa kisah ibu teladan yang disebutkan al-Qur’an. Selanjutnya melalui kisah-kisah tersebut dapat diperoleh gambaran tentang karakter ideal yang seharusnya dimiliki oleh tiap-tiap ibu yang berperan dalam pendidikan anak. (3) Dalam menjalankan perannya mendidik anak, sudah seharusnya seorang ibu melakukannya dengan penuh tanggungjawab, karena ibu adalah pondasi utama bagi lahirnya generasi masa depan yang berbudi luhur. Sedangkan bagi ibu-ibu yang memiliki kesibukan di luar rumah, Al-Qur’an memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada mereka untuk ikut serta aktif di wilayah publik, selama pekerjaan tersebut tidak mengganggu urusan domestik rumah tangga serta tidak melupakan tugas utamanya sebagai pendidik bagi anak-anaknya. Kata Kunci: Peran ibu, pendidikan anak, perspektif al-Qur’an

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: S. Ud 175315011 Safiatul Aminah
Date Deposited: 21 Jun 2019 01:43
Last Modified: 21 Jun 2019 01:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5647

Actions (login required)

View Item View Item