PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA

MUHAMMAD REZA AMRULLOH, 126211201027 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (461kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi Dengan Judul Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil dan keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII Di Mtsn 2 Tulungagung Pada Materi Pesawat Sederhana ini di tulis oleh Muhammad Reza Amrulloh, NIM. 126211201027, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Univesitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, dengan dosen pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa yang dimana itu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tersebut. Hal ini terjadi dikarenakan model pembelajaran yang digunakan adalah model konvesional yang masih belum cukup untuk memberikan pemahaman terhadap siswa tersebut. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya nilai rata-rata siswa pada ulangan harian, serta kurangnya pembelajaran seharusnya berpusat pada siswa untuk lebih aktif, akan tetapi pada kenyataannya pembelajaran masih berfokus pada guru. Siswa hanya duduk dan mendengarkan penjelasan dari guru, sehingga menyebabkan siswa kurang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, model pembelajaran Problem Based Learning diharapkan mampu untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1. Mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran problem based clearning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. 2. Mengetahui pengaruh pembelajaran problem based learning hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. 3. Mengetahui pengaruh dalam model pembelajaran problem based learning terhadap hasil dan aktivitas siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Pada penelitian ini mengguanakan The non equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN 2 Tulungagung sebanyak 320 siswa. Pada penelitian ini menggunakan Teknik sampel purposive sampling. Dalam penelitian ini, dipilih dua kelas sampel yaitu kelas VII E sebagai kelas kontrol, dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang masing- masing kelas sebanyak 30 siswa. Jadi, sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa. Adapun Teknik pengumpulan data yang digukan penelitian ini adalah : 1. Tes , 2, obeservasi, 3. Dokumentasi. Analisis data yang digunakan ada 3 uji : 1. Uji instrumen (uji validitas dan uji relibilitas ), 2. Uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), 3. Uji hipotesis (uji t dan uji anova). Hasil penelitian ini menunjukkan 1. Terdapat pengaruh model problem based learning terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung pada materi pesawat sederhana, di tunjukan dengan nilai Sig (2-tailed) 0,003≤ 0,05 yang menandakan Ha diterima. 2.Terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung pada materi pesawat sederhana, di tunjukan dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000≤ 0,05 yang menandakan Ha diterima. 3. Terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung pada materi pesawat sederhana, di tunjukan dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000≤ 0,05 yang menandakan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201027 MUHAMMAD REZA AMRULLOH
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:49
Last Modified: 02 Jun 2025 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56516

Actions (login required)

View Item View Item