A'ANG YUSRIL MUSYAFA', 12950121001 (2024) MANAJEMEN TATAKELOLA PESANTREN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (Studi multi situs pada Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo dan Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Ponorogo). [ Disertasi ]
![]() |
Text
Cover.pdf Download (888kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
Abstract
Disertasi ini dilatar belakangi bahwa pondok pesantren sebagai institusi tertua yang diberi amanah untuk mendidik santri, tentunya dihadapkan dengan tantangan yang demikian kompleks, tidak hanya datang dari internal namun juga datang dari eksternal pondok pesantren. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai tantangan pengelolaan lembaga yang profesional karena salah satu indikator lembaga yang bermutu adalah sistem perencanaan yang baik (good planning system ) dengan materi dan sistem tata kelola yang baik (good governance system) dan disampaikan oleh guru yang baik (good theachers) dengan komponen yang bermutu, kususnya faktor guru. Pertanyaan penelitian dalam disertasi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan tatakelola pesantren di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo dan Pesantren Putri Al-Mawaddah dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (2) Bagaimana pengorganisasian tatakelola pesantren di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo dan Pesantren Putri Al-Mawaddah dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (3) Bagaimana pelaksanaan tatakelola pesantren di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo dan Pesantren Putri Al-Mawaddah dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (4) Bagaimana pengawasan tatakelola pesantren di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo dan Pesantren Putri Al-Mawaddah dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Penelitan ini merupakan penilitian kualitatif dengan rancangan multisitus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dok umentasi. Analisis data meliputi analisis data situs tuggal dan lintas situs dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Temuan penelitian ini adalah: (1) Perencanaan tatakelola pesantren dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Islam melalui, perencanaan transparansi dalam pengelolaan keuangan, transparansi dalam pengambilan keputusan, perencanaan akuntabilitas, yaitu visi misi yang jelas, kelembagaan yang terstruktur. Responbilitas, yaitu tanggung jawab terhadap masyarakat sekitar dan tanggung jawab terhadap peraturan yang berlaku. Kemandirian, yaitu dengan perencanaan pengembangan unit usaha, program Pemberdayaan Santri dan kurikulum mandiri. Kewajaran, yaitu kebijakan Keadilan, pendidikan dan pembelajaran setiap santri diberikan akses yang sama dan evaluasi dan Perbaikan Berkelanjutan. (2). Pengorganisasian tatakelola pesantren dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan Transparasi yaitu dengan ketersediaan informasi, laporan kinerja berkala, proses pengambilan keputusan terbuka, akses informasi keuangan, komunikasi yang efektif dan dokumentasi yang jelas. Akuntabilitas yaitu dengan kepatuhan terhadap kebijakan dan prosedur, penilaian kinerja, mekanisme pengaduan, tindak lanjut temuan audit, penyusunan dan pelaksanaan rencana kerja, dan keterlibatan pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan. Responbilitas, yaitu kepatuhan terhadap kibijakan, mekanisme pengaduan, tindak lanjut audit, rencana kinerja yang jelas. Kemandirian, yaitu dengan otonomi pengelolaan,diversivikasi sumber pendanaan, pengembangan program mandiri, inisiatif staf dan santri, pengelolaam fasilitas santri, penerapan teknologi mandiri, kemandirian dalam evaluasi dan pemberdayaan komunitas. Kewajaran, yaitu keseimbangan kurikulum, keterlibatan santri dalam pengambilan keputusan, penerimaan terhadap keberagaman, pendidikan yang adil dan merata, kebijakan yang rasional dan berbasis data dan evaluasi program yang konsisiten. (3) Pelaksanaan tatakelola pesantren dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Islam melalui, Transparasi, Keterbukaan informasi, Akuntabilitas, Penetapan Visi, Misi, dan Tujuan yang Jelas. Responbilitas, Tanggung jawab terhadap masyarakat sekitar dan Tanggung jawab kepada peraturan perundangan yang berlaku. Kemandirian, Pengelolaan Keuangan Mandiri, mendirikan unit-unit usaha guna kelangsungan pendidikan, Kurikulum Mandiri. Kewajaran, Pendidikan dan pembelajaran, setiap santri diberikan akses yang sama, Pesantren secara aktif melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan. (4) Pengawasan tatakelola pesantren dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Islam melalui, transparansi publikasi kebijakan dan peraturan, laporan keangan yang terbukapartisipasi dari komunitas, rekrutmen dan penilaian, audit dan evaluasi indpenden, penggunaan teknologi dan penyediaan mekanisme pengaduan. Akuntabilitas yaitu pertanggungjawaban, evaluasi kinerja, sisitem pengawasan internal. Responbilitas yaitu dengan pemenuhan tugas, tanggap terhadap maslah, kepedulian terhadap kepentingan publik. Kemandirian yaitu dengan kemandirian finansial, kemandirian operasional, kemandirian kepemimpinan dan kemandirian komunitas. Keadilan yaitu kesetaraan akses, distribusi sumber daya yang adil.
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim |
Depositing User: | 12950121001 A'ANG YUSRIL MUSYAFA' |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 02:08 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 02:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56601 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |