PENERAPAN CLASSROOM READING PROGRAM UNTUK PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS VIII DI MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG

SITI KHOLISOTUL ASNA, 126210202098 (2024) PENERAPAN CLASSROOM READING PROGRAM UNTUK PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS VIII DI MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (478kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (406kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Classroom Reading Program untuk Pemahaman Membaca Siswa Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Kholisotul Asna, NIM 126210202098, Pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Classroom Reading Program, Membaca Membaca merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi. Dengan membaca seorang pembaca akan memiliki wawasan dan pemikiran yang luas. Membaca perlu ditekankan kepada setiap individu sejak dini. Kurangnya pemahaman membaca pada siswa memengaruhi wawasan siswa. Hal inilah yang menjadi program sekolah mengadakan program pemahaman membaca melalui penerapan Classroom Reading Program di kelas VIII MTs Darul Hikmah Tulungagung. Pada kegiatan Classroom Reading Progam inilah dapat memahamkan siswa untuk membaca. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun tujuan dalam penelitian untuk mengetahui penerapan Classroom Reading Program dalam pemahaman membaca siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Pengumpulan data mengumpulkan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman. Adapun pengecekan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini berupa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang ada di sekolah dan di kelas. Perencanaan di sekolah dilakukan oleh kepala sekolah dengan mengadakan rapat dengan guru, kepala sekolah menentukan tempat pelaksanaan kegiatan. Hasil dari perencanaan yakni sekolah mengadakan Classroom Reading Program dan tempat pelaksanaan kegiatan di kelas VIII. Pelaksanaan di sekolah dilakukan oleh kepala sekolah dan guru yakni menyediakan fasilitas, pengamatan di sekolah, mengadakan bazar buku dan lomba. Hasil pelaksanaan yakni tersedia fasilitas berupa buku tambahan dan dokumen presensi peserta didik dan dokumen pelaksanaan Classroom Reading Program sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Evaluasi sekolah dilakukan oleh kepala sekolah dan guru. Hasil dari evaluasi yakni kinerja guru pada saat kegiatan berlangsung dan kegiatan berjalan dengan lancar. Adapun perencanaan di kelas dilakukan oleh guru yakni membuat jadwal, membuat RPP, dan tes membaca. Hasil dari perencanaan di kelas yakni jadwal dibuat setelah KBM. Pelaksanaan di kelas dilakukan oleh guru dan siswa melalui pengamatan observasi peneliti saat kegiatan berlangsung, adanya tes membaca agar mengetahui kemampuan pemahaman siswa dalam membaca. Hasil dari pelaksanaan di kelas yakni siswa lebih aktif dalam membaca. Evaluasi di kelas dilakukan oleh guru yakni mengevaluasi pembelajaran melalui hasil tes membaca yang diperoleh setiap siswa. Hasil dari evaluasi yakni guru kurang kondusif dalam mengatur siswa saat pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210202098 SITI KHOLISHOTUL ASNA
Date Deposited: 14 May 2025 01:16
Last Modified: 14 May 2025 01:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56617

Actions (login required)

View Item View Item