MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JOMBANG

MUHAMMAD FAHREZI MAHENDRA, 126207202057 (2024) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (352kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Melalui Ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang” ini ditulis oleh Muhammad Fahrezi Mahendra, NIM: 126207202057. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Moh. Mashudi, M.Pd.I., NIDN: 2003018502. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Prestasi siswa, dan Ekstrakurikuler Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada lembaga pendidikan diluar sana yang mengalami kendala dalam mengelola kegiatan ekstrakurikuler, seperti kekurangan tenaga pembina dan fasilitas yang dapat menghambat peningkatan prestasi peserta didik. Maka dari itu peserta didik sangat memerlukan layanan pengelolaan yang baik. Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang memiliki manajemen kesiswaan yang baik, sehingga pengelolaan ekstrakurikulernya dapat mendukung pencapaian tujuan pendidikan dengan lebih efektif. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi siswa melalui ekstrakurikuler di MAN 2 jombang? (2) Bagaimana implementasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi siswa melalui ekstrakurikuler di MAN 2 Jombang? (3) bagaimana evaluasi manajemen ekstrakurikuler di MAN 2 Jombang? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan manajemen kesiswaan diawali dengan rapat untuk merancang jurnal materi dan menyusun strategi untuk mengarahkan siswa pada ekstrakurikuler yang sesuai. (2) Implementasi manajemen kesiswaan dilakukan dengan penyebaran angket untuk mengelompokkan siswa pada ekstrakurikuler pilihannya dan melakukan koordinasi aktif antara wakil kepala kesiswaan, pembina OSIS, dan pembina ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan rutin pada Sabtu dan Ahad, dan juga memberikan keringanan bagi siswa yang akan mengikuti latihan intensif menjelang perlombaan. (3) Evaluasi manajemen kesiswaan dilakukan secara periodik di triwulan pertama dan akhir tahun, melibatkan kepala madrasah dan pembina ekstrakurikuler untuk menilai pencapaian dan meningkatkan efektivitas kegiatan ekstrakurikuler. Implikasi dari penelitian ini dengan diterapkannya manajemen kesiswaan (ekstrakurikuler) yang tepat di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang akan dapat meningkatkan prestasi dan mengembangkan keterampilan sosial dan karakter peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207202057 MUHAMMAD FAHREZI MAHENDRA
Date Deposited: 17 Apr 2025 04:18
Last Modified: 17 Apr 2025 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56656

Actions (login required)

View Item View Item