IDENTITAS SOSIAL PEDAGANG PEREMPUAN DI PASAR NGUNUT TULUNGAGUNG MENURUT HENRI TAJFEL

DILLA KHUSNIATUL ZAIROH, 126309203125 (2024) IDENTITAS SOSIAL PEDAGANG PEREMPUAN DI PASAR NGUNUT TULUNGAGUNG MENURUT HENRI TAJFEL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (499kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Identitas Sosial Pedagang Perempuan di Pasar Ngunut Tulungagung menurut Henri Tajfel” ditulis oleh Dilla Khusniatul Zairoh, NIM. 126309203125, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Program Studi Sosiologi Agama, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Mulia Ardi, M.Phil. Penelitian ini dilatarbelakangi identitas sosial pedagang perempuan di Pasar Ngunut Tulungagung melalui perspektif teori identitas sosial yang dikemukakan oleh Henri Tajfel. Latar belakang penelitian ini berfokus pada peran penting pedagang perempuan dalam ekonomi informal, di mana mereka tidak hanya berfungsi sebagai penyedia barang, tetapi juga sebagai agen perubahan sosial yang menghadapi berbagai tantangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif, terhadap beberapa pedagang perempuan dipasar Ngunut Tulungagung. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui identitas sosial pedagang perempuan dipasar Ngunut Tulungagung 2) Untuk mengetahui analisis identitas sosial pedagang perempuan dipasar Ngunut Tulungagung menurut Henri Tajfel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Identitas ini juga memengaruhi kehidupan ekonomi mereka, seperti penguatan ekonomi keluarga, peningkatan kepercayaan diri, dan kemandirian. Serta identitas sosial membentuk interaksi sosial mereka dengan pedagang yang lain. Solidaritas antar pedagang perempuan, baik dalam bentuk dukungan ekonomi maupun sosial, memperkuat posisi mereka dalam pasar dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan, dan juga identitas sosial pedagang perempuan di pasar ini terbentuk melalui tiga proses utama menurut Tajfel, yaitu 1) Kategori sosial 2) Identifikasi sosial 3) Perbandingan sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pasar
Sosiologi Agama
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: 126309203125 DILLA KHUSNIATUL ZAIROH
Date Deposited: 25 Apr 2025 01:48
Last Modified: 25 Apr 2025 01:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56676

Actions (login required)

View Item View Item