PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS 7 DI MTsN 1 KOTA BLITAR

FITRIANI ZAHRAUZ ZAKIAH, 12201173446 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS 7 DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting dan memiliki nilai manfaat bagi kehidupan manusia. Untuk itu, diperlukan sebuah model belajar baru yang lebih memberdayakan peserta didik yang mendorong siswa mengkonstruksikan pengetahuan pada diri mereka sendiri. Salah satu metode yang menarik yaitu metode pembelajaran kontekstual. Metode pembelajaran kontekstual sangat erat hubungannya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Siswa yang memiliki motivasi tinggi dalam belajar memiliki kemungkinan besar untuk memperoleh hasil belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MTsN 1 Kota Blitar, untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MTsN 1 Kota Blitar, dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MTsN 1 Kota Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 40 sampel. Uji yang digunakan yaitu uji kualitas data, uji asumsi, uji regresi linier sederhana, dan uji MANOVA. Hasil penelitian untuk uji hipotesis pertama pada uji t, t hitung 3.320 > t tabel sebesar 2.021 sehingga H0 diterima, dengan kesimpulan tidak ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MTsN 1 Kota Blitar. Uji hipotesis kedua, t hitung sebesar 0.215 < t tabel yaitu 2.021 sehingga H0 ditolak, dengan kesimpulan ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MTsN 1 Kota Blitar. Uji hipotesis ketiga, nilai signifikansi yaitu 0,382 > 0,05 sehingga H0 diterima, dengan kesimpulan tidak ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MTsN 1 Kota Blitar. Kesimpulan keseluruhan yaitu model pembelajaran kontekstual sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, namun tidak berpengaruh sepenuhnya terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini bisa terjadi karena faktor lain seperti faktor personal, faktor sosial, dan sebagainya. Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Fiqih > Ibadah Wajib
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173446 FITRIANI ZAHRAUZ ZAKIAH
Date Deposited: 28 Apr 2025 06:49
Last Modified: 28 Apr 2025 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56755

Actions (login required)

View Item View Item