PENGARUH IKLAN, KONFORMITAS DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z PENGGUNA APLIKASI TIKTOK DI KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

MUSTIKA JOHAN, 126402212145 (2025) PENGARUH IKLAN, KONFORMITAS DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z PENGGUNA APLIKASI TIKTOK DI KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (294kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Iklan, Konformitas dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Pengguna Aplikasi TikTok di Kabupaten Tulungagung dalam Perspektif Ekonomi Islam”, ini ditulis oleh Mustika Johan dengan NIM. 126402212145, Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Ahmad Budiman, M.S.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perilaku konsumtif akibat aplikasi TikTok yang saat ini sangat diminati diberbagai ujung dunia dibuktikan dari data Bussines of Apps dimana penggunanya mencapai hampir 2,05 milliar pengguna terdaftar. Fenomena tersebut menunjukkan kondisi bertentangan dengan norma dalam Islam serta masih banyakn individu yang belum memperhatikan pentingnya mengelola keuangan yang baik untuk masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh iklan terhadap perilaku konsumtif generasi Z pengguna aplikasi TikTok di Kabupaten Tulungagung, (2) pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif generasi Z pengguna aplikasi TikTok di Kabupaten Tulungagung, (3) pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif generasi Z pengguna aplikasi TikTok di Kabupaten Tulungagung, (4) pengaruh ketiga variabel terhadap perilaku konsumtif generasi Z pengguna aplikasi TikTok di Kabupaten Tulungagung, dan (5) perilaku konsumtif generasi Z pengguna aplikasi TikTok di Kabupaten Tulungagung dalam pandangan ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif berjenis penelitian asosiatif, dilakukan pada generasi Z di Kabupaten Tulungagung dengan sampel 100 responden dari 305.757 orang diambil menggunakan rumus Roscoe. Teknik pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling karena adanya beberapa kriteria dalam penelitian. Pengukuran menggunakan skala Likert serta metode analisis data regresi linnier berganda dengan bantuan program SPSS versi 30.0 untuk mengukur pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, (2) konformitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, (3) gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif (4) ketiga variabel secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi Z pengguna aplikasi TikTok di Kabupaten Tulungagung, (5) perilaku konsumsi yang dilakukan oleh generasi Z pengguna aplikasi TikTok di Kabupaten Tulungagung belum sepenuhnya sesuai dengan norma konsumsi dalam ekonomi Islam karena masih menunjukkan perilaku konsumtif adanya praktik pemborosan (israf) dan gaya hidup berlebihan (tabzir). Kata Kunci: Iklan, Konformitas, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Gaya Hidup
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402212145 MUSTIKA JOHAN
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:59
Last Modified: 24 Apr 2025 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56791

Actions (login required)

View Item View Item