RIZKI RAHMAWATI, 12201183006 (2024) IMPLEMENTASI METODE TAHSIN TASHILI DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN DI SMPIQu AL-BAHJAH 03 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Tahsin Tashili dalam Pembelajaran Al-Qur’an di SMPIQu Al-Bahjah 03 Tulungagung” ini ditulis oleh Rizki Rahmawati, NIM. 12201183006, pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi Metode Tahsin Tashili, Pembelajaran Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa masih banyaknya muslim yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah dalam membaca Al-Qur’an. Pembelajaran Al-Qur’an memerlukan suatu metode agar tujuan dapat tercapai dengan maksimal. Salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an adalah metode tahsin tashili yang dikembangkan oleh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah, dimana para santrinya memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an sesuai dengan makhraj dan sifatul huruf, serta tajwid yang bagus. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian tentang implementasi metode tahsin tashili di SMPIQu Al-Bahjah 03 Tulungagung. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi cara membaguskan bacaan Al-Qur’an dengan makharijul huruf di SMPIQu Al-Bahjah 03 Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi cara membaguskan bacaan Al-Qur’an dengan sifatul huruf di SMPIQu Al-Bahjah 03 Tulungagung? (3) Bagaimana implementasi cara membaguskan bacaan Al-Qur’an dengan hukum tajwid dalam di SMPIQu Al-Bahjah 03 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi cara membaguskan bacaan Al-Qur’an dengan makharijul huruf, sifatul huruf, dan hukum-hukum tajwid di SMPIQu Al-Bahjah 03 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi metode/teknik). Hasil penelitian: 1) Implementasi cara membaguskan makharijul huruf dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMPIQu Al-Bahjah 03 Tulungagung adalah: a) Pendidik menjelaskan terlebih dahulu tentang makharijul huruf yang disampaikan dengan ceramah; b) Pendidik mencontohkan (mendemonstrasikan) cara membaca huruf dengan makhraj dengan benar, dan diikuti oleh peserta didik; c) Pendidik melakukan tanya jawab berkaitan dengan makhraj yang telah dijelaskan; d) Pendidik melakukan evaluasi terhadap bacaan yang berkaitan dengan makhraj pada peserta didik. 2) Implementasi cara membaguskan sifatul huruf dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMPIQu Al-Bahjah 03 Tulungagung adalah: a) Pendidik menyebutkan huruf hijaiyah kemudian menyebutkan sifat-sifat yang melekat pada huruf tersebut; b) Pendidik menjelaskan tentang makna sifat-sifat yang melekat pada huruf Al-Qur’an; c) Pendidik mencontohkan (mendemonstrasikan) cara membaca makhraj huruf dengan sifat-sifatnya yang benar; d) Peserta didik diminta untuk turut serta mengucapkan makhraj yang benar sebagaimana yang dicontohkan oleh guru; e) Pendidik melakukan tanya jawab berkaitan dengan sifat-sifat huruf yang telah dijelaskan; f) Pendidik melakukan evaluasi terhadap bacaan yang berkaitan dengan sifat-sifat yang melekat pada huruf hijaiyah kepada peserta didik.. 3) Implementasi cara membaguskan hukum-hukum tajwid dalam pembelajaran Al- Qur’an di SMPIQu Al-Bahjah 03 Tulungagung adalah: a) Pendidik menyebutkan hukum bacaan tajwid yang akan dipelajari kemudian menjelaskan maknanya; b) Pendidik menyebutkan huruf-huruf yang terkait dengan hukum tajwid, serta cara membacanya; c) Pendidik menjelaskan dan menuliskan di papan tulis tentang hukum tajwid di dalam kelas beserta contoh potongan ayatnya; d) Pendidik mencontohkan (mendemonstrasikan) cara membacanya dengan benar diikuti pelafalan peserta didik; e) Pendidik melakukan tanya jawab berkaitan dengan hukum tajwid yang sedang dibahas; f) Pendidik melakukan evaluasi terhadap bacaan yang berkaitan dengan kemampuan peserta didik dalam melafalkan ayat Al- Qur’an sesuai dengan hukum-hukum tajwid yang benar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183006 RIZKI RAHMAWATI |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 01:41 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 01:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |