KUNI AZIZAH, 126208202054 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA SISWA KELAS VIII MTSN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (557kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (872kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Minat dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia Siswa Kelas VIII MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Kuni Azizah, Jurusan Tadris Biologi, NIM. 126208202054 yang dibimbing oleh Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci: Kooperatif tipe Jigsaw , Minat Belajar, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan. Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga menjadikan siswa cenderung pasif dalam belajar. Guru masih menggunakan metode konvensional dengan menerangkan didepan kelas menggunakan metode ceramah. Padahal diberlakukannya kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka mengharuskan siswa memiliki pengetahuan, tingkat percaya diri, dan kreatifitas yang tinggi yang dapat mempengaruhi minat dan hasil belajar siswa meningkat. Oleh sebab itu, diperlukan model pembelajaran yang tidak membosankan dan dapat meingkatkan minat belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa adalah pembelajaran kooperatif, salah satu pembelajaran kooperatif adalah tipe Jigsaw.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap minat belajar siswa. 2) Pengaruh model pemebelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa, 3) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap minat dan hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis rancangan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Popuslasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B MTsN 4 Tulungagung. Pengambilan sampel dengan teknik jenis purposive sampling. Sehingga ditetapannya 2 kelas sampel, yaitu kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII I sebagai kelas eksperimen yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data statistik menggunakan Uji Independent Sample Test dan Uji Manova dengan bantuan microsoft exel dan SPSS 25 For Windows. Hasil penelitian ini adalah 1) Hasil uji T minat belajar siswa menunjukkan nilai Sig.(2tailled) 0,000<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap minat belajar siswa. 2) Uji T hasil belajar siswa menunjukkan nilai Sig.(2-tailled) 0,001<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. 3) Hasil uji Manova minat dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diperoleh nilai Sig(2-tailled) adalah 0,000<0,05 yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap minat dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Biologi > Manusia Pendidikan > Minat Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208202054 KUNI AZIZAH |
Date Deposited: | 06 May 2025 06:49 |
Last Modified: | 06 May 2025 06:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56921 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |