PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS II SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

YETI DEFIANA, 2817133207 (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS II SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick dengan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Yeti Defiana, NIM. 2817133207, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Susanto, S.S, M.Pd. Kata Kunci: Talking Stick, Flash Card, Hasil Belajar. Sekolah-sekolah di Indonesia, terutama pada tingkat sekolah dasar, pembelajaran Bahasa Inggris membutuhkan situasi yang menarik untuk merangsang peserta didik belajar. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung ditemukan beberapa masalah pembelajaran yang terjadi pada kelas II. Pada praktiknya guru masih menggunakan metode yang terbilang monoton. Akibatnya para peserta didik menjadi tidak fokus pada materi yang diajarkan dan cenderung bermain dengan teman-teman mereka di kelas. Para peserta didik juga kurang berpartisipasi dan menyebabkan kurangnya hasil belajar Bahasa Inggris. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menawarkan metode pembelajaran Talking Stick dengan media Flash Card pada pembelajaran Bahasa Inggris. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran menggunakan metode Talking Stick dengan media Flash Card yang efektif pada peserta didik kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2016/2017?, Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi Things in the Kitchen melalui penerapan metode Talking Stick dengan media Flash Card peserta didik kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 ? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Talking Stick dengan media Flash Card yang efektif pada peserta didik kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi Things in the Kitchen melalui penerapan metode Talking Stick dengan media Flash Card peserta didik kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanaan (planning), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap obsrvasi (observe), dan (4) tahap refleksi (reflection). Perencanaan pada siklus I dilaksanakan berdasarkan pada hasil dari pelaksanaan observasi awal. Sedangkan perencanaan pada siklus II didasarkan pada hasil refleksi Siklus I. Sementara itu dalam tahap pengamatan, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, membuat catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Akhirnya, data dari refleksi siklus pertama dan kedua dikumpulkan untuk menentukan apakah indikator yang ditentukan sudah terpenuhi atau belum. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi Things in the Kitchen. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 58 dengan presentase ketuntasan 32%, dilanjutkan ke Siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 69,64 dengan presentase 61% dan setelah Siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 82,14 dengan presentase ketuntasan 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick dengan Media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: YETI 2817133207 YETI DEFIANA
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:04
Last Modified: 15 Aug 2017 04:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5695

Actions (login required)

View Item View Item