PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII MTS NEGERI 1 TULUNGAGUNG

ROBI’ATUL ADAWIYA PUTRI ASYARI, 126201202083 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII MTS NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (629kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Robi’atul Adawiya Putri Asyari, NIM. 126201202083. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah., M.Pd.I. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh teori yang diungkapkan oleh Robert Slavin yang menyatakan bahwa model TGT dapat mendorong siswa untuk saling bekerja sama dalam menguasai keterampilan yang diajarkan oleh guru. Model pembelajaran ini sederhana dan mudah diterapkan oleh guru yang baru menggunakan pendekatan kooperatif agarmemudahkan guru dalam meningkatkan hasil belajar baik pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Oleh karena itu, peneliti bermaksud menguji teori tersebut melalui penelitian yang dilakukan di MTsN 1 Tulungagung yang telah menggunakan model pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Kognitif Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas VII MTsN 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Afektif Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas VII MTsN 1 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Psikomotorik Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan Quasi Eksperimental Design dengan bentuk the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII berjumlah 270 siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII I sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa dan kelas VII K sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa. Adapun teknik pengumpulan dara yang digunakan peneliti adalah: (1) angket, (2) tes, (3) dokumentasi. Analisis data yang digunakan ada tiga uji yaitu (1) uji instrument (uji validitas dan uji reliabilitas), (2) uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), (3) uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII peserta didik di MTsN 1 Tulungagung ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,001<0,05 yang menandakan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar ranah afektif siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII peserta didik di MTsN 1 Tulungagung ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000<0,05 yang menandakan Ha diterima. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar ranah psikomotorik siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII peserta didik di MTsN 1 Tulungagung ditunjukkan dengan nilai sig. (2- tailed) 0,000<0,05 yang menandakan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202083 ROBI'ATUL ADAWIYA PUTRI ASY'ARI
Date Deposited: 05 May 2025 04:30
Last Modified: 05 May 2025 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57011

Actions (login required)

View Item View Item