PEMBELAJARAN KITAB FAṢALĀTAN SEBAGAI UPAYA MEMPERBAIKI IBADAH SHALAT SANTRI DI PONDOK PESANTREN ASH-SHUFI KADEMANGAN BLITAR

MOH. DZAKKI ASROFI, 126201202182 (2024) PEMBELAJARAN KITAB FAṢALĀTAN SEBAGAI UPAYA MEMPERBAIKI IBADAH SHALAT SANTRI DI PONDOK PESANTREN ASH-SHUFI KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembelajaran Kitab Faṣalātan Sebagai Upaya Memperbaiki Ibadah Shalat Santri di Pondok Pesantren Ash-Shufi Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Moh. Dzakki Asrofi, NIM 126201202182, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Siti Khoirun Nisak, S. Pd. I., M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran, Kitab Faṣalātan, Ibadah Shalat Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya ibadah shalat bagi umat Islam. Pengetahuan dan penanaman ibadah shalat harus diajarkan sejak dini. Pada era zaman ini banyak umat Islam yang kurang akan kesadarannya mengenai pentingnya ibadah shalat, apalagi generasi muda. Banyak anak-anak muda yang kurang mengetahui ilmu ibadah shalat, mereka kurang mendapat pelajaran, pembinaan, dan pendampingan mengenai ibadah shalat, sehingga ibadah shalat mereka kurang berkualitas. Tidak jarang kita jumpai di beberapa masjid dan mushola masih banyak anak usia SD ataupun SMP yang shalatnya masih belum benar. Mereka mengerjakan shalat dengan bergurau, bercanda, tertawa, ngobrol dengan temannya, mengganggu teman atau orang lain yang sedang melaksanakan shalat, dan bahkan belum tahu bacaan-bacaan dalam shalat. Oleh karena itu, pembelajaran mengenai ibadah shalat perlu ditingkatkan sebagai upaya memperbaiki ibadah shalat serta meningkatkan kemampuan dan kualitas ibadah shalat. Pembelajaran kitab fashalatan merupakan salah stau solusi sebagai upaya memperbaiki keadaan tersebut. Kitab faṣalātan merupakan salah satu kitab yang berisi mengenai dasar-dasar dalam menjalakan ibadah kepada Allah SWT. Dalam kitab tersebut dibahas tuntas mengenai ubudiyah, seperti bersuci, shalat wajib, shalat sunah, shalat jumat, adzan, iqomah, serta doa-doa sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan proses validasi. Cek keabsahan data berupa triangulasi, memperpanjang pengamatan, ketekunan penelitian. Fokus penelitian: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab faṣalātan di Pondok Pesantren Ash-Shufi Kademangan Blitar? (2) Bagaimana metode pembelajaran kitab faṣalātan di Pondok Pesantren Ash-Shufi Kademangan Blitar? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab faṣalātan di Pondok Pesantren Ash-Shufi Kademangan Blitar? Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran kitab faṣalātan di Pondok Pesantren Ash-Shufi Kademangan Blitar yaitu dilakukan dalam bentuk rapat. Rapat ini dilakukan dua kali dalam satu semester dan diikuti oleh seluruh guru bersama kepala madrasah diniyah takmiliyah Pondok Pesantren Ash-Shufi. (2) Metode pembelajaran kitab faṣalātan di Pondok Pesantren Ash-Shufi Kademangan Blitar yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah atau bandongan, metode demonstrasi, dan metode hafalan. (3) Evaluasi pembelajaran kitab faṣalātan di Pondok Pesantren Ash-Shufi Kademangan Blitar dilakukan dengan cara: tes tulis, tes lisan, dan tes praktik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202182 MOH. DZAKKI ASROFI
Date Deposited: 05 May 2025 02:56
Last Modified: 05 May 2025 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57014

Actions (login required)

View Item View Item