DESI ROHMAWATI, 12205183061 (2024) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBIASAAN PRAKTIK KEAGAMAAN MI DARUL ULUM JOMBANG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (698kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penanaman Karakter Religius melalui Pembiasaan Praktik Keagamaan MI Darul Ulum Jombang” ditulis oleh Desi rohmawati, NIM. 12205183061 dengan dosen pembimbing Dr. H. Mochammad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Penanaman, Karakter Religius, Pembiasaan, Praktik Penelitian ini terjadi karena adanya fenomena globalisasi yang kian maju membuat adanya krisis moral yang dialami oleh generasi muda. Generasi muda merupakan penerus negara. Jika generasi muda mengalami krisis moral maka negara akan mengalami ketertinggalan. Sehingga diperlukan adanya suatu penanaman nilai keislaman pada siswa agar terbiasa dalam melakukan kebaikan. Tujuan penelitian ini adalah (1.) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai ibadah shalat dhuha melalui pembiasaan praktik keagamaan MI Darul Ulum Jombang. (2.) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai ibadah mengaji kitab al- wasilah melalui pembiasaan praktik keagamaan MI Darul Ulum Jombang. (3.) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai ibadah hafalan juz amma melalui pembiasaan praktik keagamaan MI Darul Ulum Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Ada dua jenis data yakni data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan oleh kepala sekolah, dua wali kelas, dan siswa. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber-sumber yang valid. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga hal yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini adalah (1.) Penanaman karakter religius shalat dhuha dapat membiasakan siswa untuk selalu bersikap tepat waktu dalam melaksanakan sholat, menimbulkan sikap kebersamaan, menjadikan hati yang tentram. (2.) Penanaman karakter religius mengaji kitab al-wasilah dapat membiasakan siswa untuk selalu bersikap baik , ramah, sopan kepada orang yang lebih tua, selalu menjaga kebersihan, dan kesusilaan. (3.) Penanaman karakter religius hafalan juz amma dapat membiasakan siswa untuk selalu bersikap baik seperti muncul sikap bermoral, semangat belajar siswa, kekeluargaan dan kebersamaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183061 DESI ROHMAWATI |
Date Deposited: | 06 May 2025 01:08 |
Last Modified: | 06 May 2025 01:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |