MUHAMMAD AMAR AL-HASAN, 126201203353 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING DALAM MENINGKATKAN SIKAP SPIRITUALITAS BAGI SANTRI MAHASISWA DI PONDOK PESANTREN MAMBA’UL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan Judul “Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Dalam Meningkatkan Sikap Spiritualitas Santri Mahasisiwa Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif” yang ditulis oleh Muhammad Amar Al-Hasan NIM 126201203353. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Ibu Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Kitab Kuning, Sikap Spiritual, Santri, Pesantren Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam di Indonesia yang menggunakan kitab kuning, seperti hadis, fiqih, tafsir, dan akhlak, sebagai bahan ajar utama. Pesantren juga beradaptasi dengan perkembangan modern dengan mengintegrasikan ajaran Al-Qur'an dan hadis. Meskipun dunia sudah berkembang, pesantren tetap mempertahankan tradisi sebagai lembaga pendidikan islam yang menggunakan metode tradisional. Pendidikan di pesantren mencakup pemahaman agama, pengembangan karakter, dan kecakapan hidup. Pembelajaran kitab kuning sangat penting, akan tetapi banyak santri yang belum sepenuhnya memahami materi, yang sering kali tidak mencakup semua aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pembelajaran kitab kuning mengajarkan sikap spiritualitas, termasuk hubungan dengan Tuhan dan pencarian makna hidup, hal tersebut merupakan bagian penting dari pendidikan ini. Metode pembelajaran yang efektif merupakan gabugan pendekatan dari tradisional dan modern untuk meningkatkan pemahaman dan relevansi praktis. Namun, metode tersebut memiliki tantangan yang dihadapi meliputi kesenjangan antara ajaran kitab kuning dan kebutuhan modern, keterbatasan sumber daya, serta perbedaan antara teori dan praktik. Fokus penelitian pada penelitian tersebut adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana metode pembelajaran kitab kuning dalam memfasilitasi pemahaman kitab-kitab klasik islam bagi santri mahasiswa?, 2.)Bagaimana implementasi pembelajaran kitab kuning dalam meningkatkan sikap spiritualitas santri mahasiswa ? 3.) Apa saja tantangan utama dalam meningkatkan ajaran-ajaran dari kitab kuning dengan aspek spiritualitas dan kehidupan sehari-hari santri mahasisw? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naturalistik, metode naturalistik merupakan penelitian yang dilakukan pada kondisi alamiah (natural setting), penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1). Metode Pembelajaran Kitab Kuning, Metode mencakup bandongan, sorogan, dan hafalan yang disesuaikan dengan kemampuan santri. Pengajian dan diskusi digunakan untuk memperdalam pemahaman, dengan bandongan sebagai metode utama. Efektivitas diukur dari pencapaian tujuan. 2). .Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning, Santri dibagi menjadi kelas A dan B berdasarkan pengalaman mondok. Materi disampaikan terjadwal, dengan kyai/ustadz menekankan nilai-nilai keagamaan. Evaluasi berkala menggabungkan hafalan dan praktik ibadah. 3).Tantangan Pembelajaran, Ustadz menghadapi kendala materi terbaru, sementara santri mengalami hambatan internal dan eksternal. Solusi meliputi penyesuaian metode untuk meningkatkan efektivitas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203353 MUHAMMAD AMAR AL-HASAN |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:17 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |