PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 3 TULUNGAGUNG

ELINTYA ISWANTARI PUTRI, 126201203340 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (876kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (455kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Di Man 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Elintya Iswantari Putri, NIM 126201203340, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Nur Cholis, S. Pd. I, M. Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Hasil Belajar, Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak pada peserta didik kelas X di MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Jigsaw yaitu kelas X-F dan kelompok kontrol yang diberi pembelajaran konvensional yaitu kelas X-E. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan, angket serta rubrik penilaian. . Rumusan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kognitif akidah akhlak siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar afektif akidah akhlak siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar psikomotorik akidah akhlak siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung?. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,002 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar afektif siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar psikomotorik siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,004 < 0,05. Sehingga Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas X MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam memilih model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203340 ELINTYA ISWANTARI PUTRI
Date Deposited: 02 Jun 2025 06:48
Last Modified: 02 Jun 2025 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57139

Actions (login required)

View Item View Item