PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PERAN IPTEK DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBANGUN EKONOMI INDONESIA KELAS VII TINGKAT SMP/MTs (Studi Penelitian SMP Negeri 1 Sumbergempol, SMP Negeri 1 Ngunut, MTs Darul Falah Bendiljati Kulon)

ADI RATNAWATI, 12209193040 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PERAN IPTEK DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBANGUN EKONOMI INDONESIA KELAS VII TINGKAT SMP/MTs (Studi Penelitian SMP Negeri 1 Sumbergempol, SMP Negeri 1 Ngunut, MTs Darul Falah Bendiljati Kulon). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (908kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (570kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Ratnawati, Adi, 2023. Pengembangan Video Pembelajaran Materi Peran IPTEK dan Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi Indonesia Kelas VII Tingkat SMP/MTs (Studi Penelitian SMP Negeri 1 Sumbergempol, SMP Negeri 1 Ngunut, MTs Darul Falah Bendiljati Kulon). Skripsi, Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungaung, Pembimbing: ini ditulis oleh Adi Ratnawati, NIM. 12209193040, Dosen Pembimbing Hendra Pratama, M.Pd. NIDN. 2004088502 Kata Kunci: Pengembangan, Video, Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang bervasianya media pembelajaran yang digunakan di SMP Negeri 1 Sumbergempol, SMP Negeri 1 Ngunut, MTs Darul Falah Bendiljati Kulon pada mata pelajaran IPS. Pemanfaatan media pembelajaran menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan pembelajaran lebih baik agar saat proses pembelajaran tidak hanya berfokus pada guru. Penggunaan media pembelajaran berbasis video diharapkan dapat menambah semangat dan antusias peserta didik saat pembelajar IPS karena dapat mengilustrasikan atau merealisasikan materi pembelajaran yang sebelumnya abstrak bagi peserta didik menjadi lebih konkrit. Rumusan masalah pada penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana analalisis kebutuhan media pembelajaran?, 2) Bagaimana proses pengembangan video pembelajaran, 3) Bagaimana hasil kevalidan penggunaan media pembelajaran?. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui analisis kebutuhan media pembelajaran, 2) Mengetahui proses pengembangan video pembelajaran, dan 3) Mengetahui hasil kevalidan penggunaan video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan sepuluh langkah pengembangan Borg & Gall untuk mengetahui tingkat kevalidan penggunaan video pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, guru IPS ditiga sekolah menunjukkan kategori baik dan layak digunakan, dengan presentase masing masing ahli materi 92%, ahli media 93,3%, guru IPS ditiga sekolah memperoleh hasil rata-rata 90,2%. Hasil respon siswa terhadap penggunaan video pembelajaran ditiga sekolah memperoleh hasil rata-rata 86,83% dengan kriteria bagus pada keefektifan dan kepraktisan. Dan hasil keaktifan siswa memperoleh rata-rata 81,6% dengan kriteria bagus. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran materi peran IPTEK dan kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193040 ADI RATNAWATI
Date Deposited: 14 May 2025 02:02
Last Modified: 14 May 2025 02:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57191

Actions (login required)

View Item View Item