STRATEGI GURU IPS DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE ICE BREAKING DI SMP PGRI BAKUNG

ADIMAS WIJANG GURITNO, 12209193085 (2024) STRATEGI GURU IPS DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE ICE BREAKING DI SMP PGRI BAKUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (707kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (514kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru IPS Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa kelas VII pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Ice Breaking di SMPN PGRI Bakung” ditulis oleh Adimas Wijang Guritno NIM. 12209193085, Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dibimbing oleh Dita Hendriani M.A Kata kunci: Strategi Guru, Semangat Belajar, Metode Ice Breaking Penelitian ini mengambil sebuah tema strategi dari guru ilmu pengetahuan sosial untuk meningkatkan semangat belajar siswa menggunakan metode ice breaking. Mata pelajaran IPS memiliki materi yang kebanyakan menghafal sehingga siswa cenderung jenih dan bosan saat pelajaran berlangsung yang menyebabkan menurunnya motivasi dalam belajar sehingga menyebabkan kurangnya semangat siswa dalam pembelajaran. Semangat belajar dapat muncul ketika siswa termotivasi, atau dapat dikatakan motivasi dan semangat belajar merupakan satu kesatuan. Salah satu cara atau strategi guru dalam meningkatkan semangat siswa adalah dengan menggunakan metode ice breaking dalam pembelajaran. Apabila semangat belajar siswa tidak ditingkatkan bisa berpengaruh terhadap pembelajaran yang diterima siswa tidak optimal, oleh karena itu peran guru diperlukan untuk mencapai Pendidikan yang optimal. Rumusan yang terdapat di penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan semangat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP PGRI Bakung? (2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode ice breaking terhadap upaya meningkatkan semangat belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VII di SMP PGRI Bakung? (3) bagaimana dampak diterapkannya strategi guru menggunakan metode ice breaking pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VII di SMP PGRI Bakung? Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menghasilkan sebagai berikut, yakni menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi minat belajar siswa, pemangkapan siswa dalam memahami sebuah pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Memanfaatkan penggunakan metode ice breaking dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial membantu siswa untuk fokus serta siswa tertarik mengikuti pembelajaran. Hambatan guru dalam menerapkan metode ice breaking adalah jam pelajaran yang terbatas jadi saat dilaksanakan kegiatan terkadang waktu sudah habis sebelum materi pelajaran selesai diberikan. Respon siswa dalam pembelajaran menggunakan metode ice breaking sangat antusias, siswa juga sangat aktif serta semangat mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193085 ADIMAS WIJANG GURITNO
Date Deposited: 14 May 2025 02:08
Last Modified: 14 May 2025 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57195

Actions (login required)

View Item View Item