INKANA LAZIA, 126210201034 (2024) PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PUISI DI MTSN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (604kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Lazia, Inkana. 2024. Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Membaca Puisi di MTsN 1 Kota Blitar. Skripsi, Tadris bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing oleh Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata Kunci: Metode Drill, Membaca Puisi, Pembelajaran Bahasa Indonesia, MTsN 1 Kota Blitar, Penelitian Kualitatif. Kemampuan membaca puisi merupakan salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang seringkali diabaikan. Siswa umumnya kesulitan dalam menguasai pelafalan, intonasi, dan ekspresi yang tepat saat membaca puisi, sehingga berdampak pada rendahnya kualitas pemahaman terhadap puisi. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru Bahasa Indonesia di MTsN 1 Kota Blitar menerapkan metode drill sebagai solusi. Metode ini berfokus pada repetisi dan latihan terstruktur untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan membaca puisi, termasuk pelafalan yang jelas, ekspresi, dan kepercayaan diri. Dengan penerapan metode ini, diharapkan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan efektif, sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran membaca puisi siswa. Fokus penelitian ini adalah (1) perencanaan penerapan metode drill dalam pembelajaran membaca puisi siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar; (2) pelaksanaan penerapan metode drill dalam pembelajaran membaca puisi siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar; dan (3) evaluasi penerapan metode drill dalam pembelajaran membaca puisi siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian berupa transkrip hasil wawancara, cacatan observasi, dan dokumentasi berupa foto, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan nilai siswa. Sumber data penelitian adalah guru bahasa Indonesia, dan proses pembelajaran puisi dengan metode drill. Penelitian kualitatif menggunakan tiga teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan mengolah data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa guru dalam menerapkan metode drill melalui tiga proses, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada bagian perencanaan guru mempersiapkan RPP, media, dan metode pembelajaran yang yang akan digunakan. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan guru melakukan tahap-tahap pembelajaran dengan menerapkan metode drill. Pertama, guru memberikan penjelasan terlebih dahulu tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan. Kedua, guru menjelaskakan sedikit materi membaca puisi. Ketiga, guru menyampaikan petunjuk penggunaan metode drill. Keempat, siswa diminta untuk mengamati dan memahami materi tersebut. Kelima, guru mengajarkan siswa membaca puisi dengan menerapkan metode drill dan siswa diminta menyimak masing-masing teks puisi yang akan dibacakan. Keenam, siswa maju kedepan kelas untuk membaca puisi, selanjutnya guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran kepada siswa selama pembelajaran di dalam kelas. Pada tahap evaluasi guru menggunakan tes lisan untuk mengetahui bagaimana hasil yang didapatkan siswa dalam pembelajaran membaca puisi menerapkan metode drill. Secara keseluruhan, penerapan metode drill dalam pembelajaran membaca puisi ini dilakukan dengan sistematis dan sesuai prinsip-prinsip dasar metode, serta menunjukkan hasil yang positif dalam keterampilan membaca, dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini mengindikasikan bahwa metode drill efektif digunakan dalam pembelajaran membaca puisi di tingkat SMP atau MTs.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210201034 INKANA LAZIA |
Date Deposited: | 14 May 2025 02:48 |
Last Modified: | 14 May 2025 02:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57203 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |