SYARIFAH SAUDAH MUHDLOR, 1880501220021 (2024) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multisitus SMP Tahfidz Al Hihayah Tulungagung dan SMP Roudlatul Musthofa Tulungagung). [ Thesis ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (653kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (786kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multisitus SMP Tahfidz Al Hidayah Tulungagung dan SMP Roudlatul Musthofa Tulungagung)” yang ditulis oleh Syarifah Saudah Muhdlor, NIM 1880501220021, Program Magister Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Univesitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing I Prof. Dr. H. Mujamil, M. Ag dan Dosen Pembimbing II Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Mutu Pendidikan Dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas maka diperlukan manajemen dalam bidang kurikulum yang ingin diajarkan terhadap siswa baik tentang tujuan, bahan ajar, proses pelaksanaannya dan evaluasi kurikulum. Dalam pengelolaan kurikulum pada dasarnya manjemen kurikulum mengandung empat sub bidang manajemen, yaitu; (1) Manajemen sumber daya, (2) Manajemen pembelajaran, (3) Manajemen fasilitas, (4) Manajemen penilaian. Ke empat bidang manajemen tersebut bersifat integratif yaitu saling mensupport, mempengaruhi dan menentukan keberhasilan kurikulum sekolah. Manajemen kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah lembaga pendidikan dimana manajemen kurikulum sangat berpengaruh terhadap mutu pendidikan. Pendidikan dikatakan berkualitas apabila telah berhasil menciptakan output yang hasilnya sesuai dengan tujuan yang telah di tetapkan. Adapun tujuan pada penelitian ini antara lain yaitu: 1) Untuk merumuskan proposisi baru tentang perencanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan . 2) Untuk merumuskan proposisi baru tentang inplementasi kurikulum dalam meningkatkan mutu Pendidikan. 3) Untuk merumuskan proposisi baru tentang evaluasi kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multisitus. Pengumpualan data di lakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian penulis menyimpulkan: 1) Perencanaan manajemen kurikulum jika disusun secara serius dan maksimal, maka lembaga akan meningkat mutu pendidikanya. 2) Implementasi kurikulum jika dilaksanakan sesuai dengan yang telah direncanakan dan dilaksanakan dengan baik dan tepat, maka sekolah dapat meningkat mutu pendidikannya. 3) Evaluasi kurikulum jika dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan, maka sekolah akan meningkat mutu pendidikannya.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1880501220021 SYARIFAH SAUDAH MUHDLOR |
Date Deposited: | 16 May 2025 07:29 |
Last Modified: | 16 May 2025 07:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |