MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK LIFE-SKILL SISWA (Studi Multisitus di MAN 2 Tulungagung dan MAN 3 Blitar)

SITI RIDHONA YASMIN, 1880501220034 (2024) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK LIFE-SKILL SISWA (Studi Multisitus di MAN 2 Tulungagung dan MAN 3 Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Membentuk Life Skill Siswa (Studi Multisitus di Marasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung dan Marasah Aliyah Negeri 3 Blitar)” ini ditulis oleh Siti Ridhona Yasmin dengan dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I., dan Bapak Prof. Dr. H. Asrop Syafi’i, M.Ag Kata Kunci: Manajemen, Kesiswaan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi manajemen kesiswaan dalam membentuk life skill siswa di lembaga pada dua Multisitus Madrasah Aliyah Negeri (MAN), yaitu MAN 2 Tulungagung dan MAN 3 Blitar. Penelitian ini berfokus pada upaya manajemen kesiswaan dalam dalam membentuk life skill siswa di madrasah. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan madrasah dalam membentuk life-skill siswa MAN 2 Tulungagung dan MAN 3 Blitar ? (2) Bagaimana implementasi madrasah dalam membentuk life-skill siswa MAN 2 Tulungagung dan MAN 3 Blitar? (3) Bagaimana tindakan perbaikan madrasah dalam membentuk life-skill siswa MAN 2 Tulungagung dan MAN 3 Blitar? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi multisitus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait, observasi partisipatif, dan analisis dokumen terkait manajemen kesiswaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan ini memiliki peran yang signifikan dalam membentuk life skill siswa di lembaga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada program life skill ini madrasah ini, kedua lembaga madrasah ini dapat memperkuat hasil prestasi siswa melalui pembentukan life skill siswa, baik dari segi prestasi akademik maupun non-akademik (2) Madrasah melakukan sedikit kolabirasi yang dilakukan dengan lembaga madrasah, hal ini bertujuan unutk meningkatkan kemampuan siswa dilembaga madrasah yang positif di mata masyarakat. (3) Pada situs l ini memiliki fokus terhadap program madrasah yang berkelanjutan dan menekankan terhadap prestasi belajar melalui kegiatan life skill. di situs ll menjalankan program madrasah lebih menekankan proses pembinaan siswa

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220034 SITI RIDHONA YASMIN
Date Deposited: 16 May 2025 07:16
Last Modified: 16 May 2025 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57272

Actions (login required)

View Item View Item