PENGARUH MEDIA DIGITAL PIXTON COMIC TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA MIN 2 BLITAR

SINTA NUR LAILI, 126205202169 (2024) PENGARUH MEDIA DIGITAL PIXTON COMIC TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (578kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Media pembelajaran dalam era globalisasi saat mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satu diantaranya pixton comic. Penggunaan media digital pixton comic dalam pembelajaran di kelas menjadi salah satu inovasi media penunjang pembelajaran. oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh penggunaan media digital pixton comic terhadap minat dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa MIN 2 Blitar. Penelitian ini menguji adakah pengaruh media digital pixton comic terhadap minat dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa di MIN 2 Blitar.Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media digital pixton comic terhadap minat belajar mata pelajaran Bahasa indonesia pada siswa MIN 2 Blitar. (2) untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media digital pixton comic terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa indonesia pada siswa MIN 2 Blitar. (3) untuk mendeskripsikan pengaruh media digital pixton comic terhadap minat dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa indonesia pada siswa MIN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperimental design atau eksperimen semu. Selain itu, digunakan juga desain nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini kuesioner dan tes pengetahuan. Test digunakan sebagai pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling atau judgmmental samplingt. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan sebelum instrumen penelitian digunakan dalam penelitian. Uji Independent Sample T-Test dan uji Manova dalam penelitian ini digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Uji statistik dilakukan dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata angket dan nilai hasil belajar pada siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dari kelas kontrol. Setelah melalui proses uji t-test dan Manova diperoleh hasil yaitu (1) ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan media digital Pixton Comic terhadap minat belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa MIN 2 Blitar. (2) ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan media digital pixton comic terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa MIN 2 Blitar. (3) ada pengaruh positif dan signifikan pengaruh penggunaan media digital pixton comic terhadap minat dan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa di MIN 2 Blitar. Media digital pixton comic yang digunakannya dalam proses pembelajaran dapat menarik perhatian siswa untuk fokus dan menyimak penjelasan dari materi pembelajaran yang berlangsung. Ketika siswa menyimak penjelasan dengan baik siswa mampu menyerap informasi secara optimal sehingga memberikan dampak positif terhadap hasil belajarnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202169 SINTA NUR LAILI
Date Deposited: 19 May 2025 04:17
Last Modified: 19 May 2025 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57379

Actions (login required)

View Item View Item