ARDI KUSUMA WARDANA, 126201202188 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Strategi guru dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMAN 1 Tulungagung. (2) Faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter religius peserta didik di SMAN 1 Tulungagung. (3) Hasil implementasi pembentukan karakter religius peserta didik di SMAN 1 Tulungagung. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah wawancara dengan narasumber, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen-dokumen serta referensi atau buku-buku yang relevan. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, uji keabsahan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Nilai religius yang terapkan di SMAN 1 Tulungagung antara lain: bertakwa, sopan santun, jujur, disiplin dan tanggungjawab, empati, tolong menolong. (2) Strategi guru dalam pembentukan karakter religius peserta didik yaitu melalui: keteladanan, penanaman kedisiplinan, pembiasaan, menciptakan suasana kondusif, integrasi dan internalisasi, pemberian motivasi, dan penegakkan aturan. Implikasi penelitian ini yakni kepada peneliti selanjutnya yang berkeinginan untuk meneliti dalam wilayah kajian yang sama, diharapkan dapat mengungkapkan lebih jauh tentang bagaimana strategi guru dalam meningkatakn karakter religius peserta didik dan menerapkan nilai-nilai karakter religius di madrasah dan masyarakat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Hadist Agama > Al Quran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202188 ARDI KUSUMA WARDANA |
Date Deposited: | 20 May 2025 06:17 |
Last Modified: | 20 May 2025 06:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |