MANAJEMEN PROGRAM KETERAMPILAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER MANDIRI SISWA DI MA AL-MA'ARIF PLUS KETERAMPILAN TULUNGAGUNG

ILLU HURIL FIRDAUS, 126207202072 (2024) MANAJEMEN PROGRAM KETERAMPILAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER MANDIRI SISWA DI MA AL-MA'ARIF PLUS KETERAMPILAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (823kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (782kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Program Keterampilan dalam Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa di MA Al-Ma'arif Plus Keterampilan Tulungagung” ini ditulis oleh Illu Huril Firdaus, NIM. 126207202072, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Siti Khoirun Nisak, S.Pd.I.,M.Pd Kata Kunci : Manajemen, Program Keterampilan Salah satu bentuk dari madrasah yang unggul adalah Madrasah Plus Keterampilan. Manajemen program keterampilan diperlukan untuk meningkatkan kualitas program keterampilan. Namun, dalam pelaksanaannya, madrasah masih menghadapi beberapa kendala, seperti keterbatasan anggaran dan fasilitas, serta belum adanya mitra industri untuk program PKL/Magang. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti penerapan manajemen program keterampilan di MA Al-Ma'arif Plus Keterampilan Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (leading), pengendalian (controlling) program keterampilan dalam mengembangkan karakter mandiri siswa di MA Al-Ma'arif Plus Keterampilan Tulungagung.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (leading), pengendalian (controlling) program keterampilan dalam mengembangkan karakter mandiri siswa di MA Al-Ma'arif Plus Keterampilan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Penelitian kualitatif yaitu suatu rumusan masalah yang memandu penelitian untuk mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan (field research) merupakan sebuah penelitian yang dilaksanakan dengan cara mencari dan menggali data melalui survey langsung di lapangan untuk memperoleh gambaran yang jelas dan rinci mengenai manajemen program keterampilan dalam mengembangkan karakter mandiri siswa di MA Al-Ma'arif Plus Keterampilan Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MA Al-Ma'arif Plus Keterampilan Tulungagung dalam perencanaan program keterampilan telah memproyeksikan unsur-unsur yang diperlukan oleh program meliputi: Menetapkan tujuan program keterampilan, Menyusun kurikulum, Menempatkan guru yang sesuai dengan program, Memilih siswa program keterampilan, Melakukan pengadaan sarana dan prasarana, dan Merencanakan anggaran (pembiayaan) program keterampilan. MA Al-Ma'arif Plus Keterampilan Tulungagung belum membentuk struktur organisasi khusus untuk program keterampilan. Akan tetapi, Kepala Madrasah telah menunjuk guru yang kompeten sebagai koordinator dari setiap masing-masing program keterampilan. Kepala Madrasah MA Al-Ma'arif Plus Keterampilan Tulungagung dalam mengelola program keterampilan madrasah memiliki peran untuk mengambil keputusan, peran untuk mempengaruhi, peran memotivasi, peran antar pribadi, dan peran informasional. Proses pengawasan dilakukan secara internal dan eksternal. Pengawasan secara internal yang dilakukan berupa pemantauan harian oleh Kepala Madrasah dan rapat evaluasi program di akhir semester. Pengawasan secara eksternal yang dilakukan berupa monitoring dan evaluasi program oleh Direktorat KSKK Jakarta setiap tahun. Selain itu, MA Al-Ma'arif Plus Keterampilan Tulungagung melakukan uji kompetensi siswa di tengah dan akhir semester untuk mengevaluasi dan membandingkan keberhasilan program.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207202072 ILLU HURIL FIRDAUS
Date Deposited: 23 May 2025 07:17
Last Modified: 23 May 2025 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57503

Actions (login required)

View Item View Item