STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK SISWA KELAS IV DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

NABILATU ZAHRO’, 126205203256 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK SISWA KELAS IV DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
RUJUKAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka untuk Siswa Kelas IV di MI Darussalam Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Nabilatu Zahro’, NIM. 126205203256, Pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci : Strategi Guru, Media Pembelajaran IPAS, Kurikulum Merdeka Pelajaran IPAS merupakan ilmu yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati di alam semesta, serta interaksinya dan mengkaji kehidupan manusia sebagai individu sekaligus makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya. Hambatan pada dunia pendidikan berupa guru kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir siswa dan mengembangkan media pembelajaran yang digunakan Hal tersebut menjadi alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan strategi pendekatan diferensiasi guru dalam perencanaan mengembangkan media pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka untuk siswa kelas IV di MI Darussalam Wonodadi Blitar (2) Mendeskripsikan strategi pendekatan diferensiasi guru dalam pelaksanaan mengembangkan media pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka untuk siswa kelas IV di MI Darussalam Wonodadi Blitar (3) Mendeskripsikan strategi pendekatan diferensiasi guru dalam evaluasi mengembangkan media pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka untuk siswa kelas IV di MI Darussalam Wonodadi Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi yang diteliti MI Darussalam Wonodadi Blitar. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari Waka kurikulum, guru IPAS dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa telah diketahui bahwa: (1) Strategi pendekatan diferensiasi guru dalam perencanaan mengembangkan media pembelajaran IPAS dengan melakukan analisis kebutuhan dan menggunakan pendekatan untuk mengenali karakteristik siswa, menentukan metode, mencari dan memilih media pembelajaran, menyusun dan menggunakan RPP/Modul Ajar sesuai pedoman kurikulum merdeka (2) Strategi pendekatan diferensiasi guru dalam pelaksanaan mengembangkan media pembelajaran IPAS dengan kegiatan awal dengan salam, berdoa, presensi, pertanyaan pemantik, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Pelaksanaan inti dengan pendekatan diferensiasi berupa konten, proses, dan produk serta evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan penutup dengan kesimpulan materi dan doa penutup. (3) Strategi pendekatan diferensiasi guru dalam evaluasi mengembangkan media pembelajaran IPAS dengan menggunakan penilaian tes formatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203256 NABILATU ZAHRO'
Date Deposited: 26 May 2025 06:17
Last Modified: 26 May 2025 06:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57606

Actions (login required)

View Item View Item