MOCHAMAD HELMI HANAFI, 12205183262 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP SOSIAL MELALUI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV DI MI PROGRESIV AL- HUDA KETANON. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (745kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Strategi Guru Dalam Menanamkan Sikap Sosial Melalui Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Di MI Progesif Al-Huda Ketanon Tulungagung “. Ini ditulis oleh Mochamad Helmi Hanafi, NIM 12205183262, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, di bimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata kunci : Perencanaan,Penerapan,Evaluasi Pembelajaran Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya strategi guru dalam perencanaan, penerapan, evaluasi dalam menanamkan sikap sosial. Pada jenjang madrasah ibtidaiyah sangat penting penanaman sikap sosial sebagai modal awal untuk bermasyarakat dengan lebih baik dan memiliki sikap yang baik. Pada jenjang madrasah ibtidaiyah yang berkaitan dengan sikap sosial yaitu mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Bahwa sikap sosial merupakan cikal bakal seorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam lingkungan sekolah dan lingkungan sehari-hari. Maka guru memiliki strategi untuk merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran untuk menanamkan sikap sosial. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskripsi. Lokasi penelitian di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung, sumber datanya diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan data reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan ketentuan/keejegan, tringulasi, dan pengecekan sejawat. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru dalam menanamkan sikap sosial melaui pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Progesif Al-Huda Ketanon Tulungagung ?? (2) Bagaimana penerapan guru dalam menanamkan sikap sosial melaui pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Progesif Al-Huda Ketanon Tulungagung ? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam menanamkan sikap sosial melaui pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Progesif Al-Huda Ketanon Tulungagung ? Hasil dari penelitian yang di dapat adalah : (1) Perencanaan guru dalam menanamkan sikap social melalui mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dalam rencana pelaksanaan pembelajaran terdapat metode pembelajaran, model pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan memiliki tujuan menanamkan sikap sosial melalaui mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial.(2) Penerapan guru untuk menanamkan sikap sosial melalui mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui metode pembelajaran ceramah, model pembelajaran kontekstual, penerapan strategi pembelajaran problem based learning, menggunakan media pembelajaran buku dan xii papan tulis. (3) Evaluasi menanamkan sikap sosial melalui mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas dengan Evaluasi yang dibagi menjadi dua yaitu evaluasi kognitif dan evaluasi Afektif. Dalam evaluasi yang pertama yaitu evaluasi kognitif ada langkah-langkah, menentukan kisi-kisi, memuat kisi-kisi, membuat soal test/essai, membuat penilaian. Dan jenis evaluasi yang dilakukan pendidik MI Progesif Al-Huda Ketanon adalah test uraian atau essai. Evaluasi yang kedua yaitu evaluasi sikap sosial yang terdiri dari evaluasi sikap sosial dengan melihat kedisplinan peserta didik dalam kegiatan-kegiatan sekolah dan evaluasi dalam sikap sosial pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Evaluasi Afektif melalui mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial memiliki kebijakan yang berbeda setiap pendidik. Ada yang melakukan evaluasi secara individu dan evaluasi secara kelompok.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183262 MOCHAMAD HELMI HANAFI |
Date Deposited: | 27 May 2025 03:43 |
Last Modified: | 27 May 2025 03:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57625 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |