FIRDA YUNITA LESTARI, 12212193012 (2023) PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERBANTUAN CANVA PADA MATERI LAJU REAKSI BERBASIS LITERASI SAINS SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (762kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci : Canva, E-magazine, Literasi Sains, Sumber Belajar, Laju Reaksi Literasi sains peserta didik masih tergolong rendah, serta kurangnya sumber belajar yang memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara fleksibel menjadi latar belakang pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa emagazine berbasis literasi sains dalam upaya meningkatkan literasi sains peserta didik dan minat belajar peserta didik pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Tulungagung kelas XI MIA 2. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D dari Thiagarajan. Penelitian ini dibatasi pada 3D, yaitu tahap pertama define (pendefinisian), tahap kedua design (perencanaan) dan tahap yang ketiga adalah develop (pengembangan). Pada tahap pengembangan ini produk melewati beberapa uji yakni uji validitas ahli materi dan uji validitas ahli media. Pada tahap define (pendefinisian) dilakukan beberapa tahap seperti analisis permasalahan dilakukan untuk mengetahui latar belakang dikembangkanya produk e-magazine, analisis kebutuhan guru dilakukan untuk mengetahui kebutuhan guru kimia, analisis kebutuhan peserta didik dilakukan untuk mengetahui kebutuhan sumber belajar peserta didik, analisis konsep dilakukan untuk mengetahui bagian-bagian materi yang harus terdapat pada emagazine agar produk yang dikembangkan tersusun secara sistematis sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar, perumusan tujuan pembelajaran dilakukan untuk memudahkan penyusunan produk sumber belajar sesuai dengan harapan capaian akhir peserta didik setelah mempergunakan e-magazine. Pada tahap design (perancangan) dilakukan beberapa tahap yakni penyusunan konten, pemilihan media, pemilihan format dan rancangan awal e-magazine. Pada tahap terakhir develop (pengembangan) terdapat beberapa tahap yakni uji validasi ahli materi dan ahli media serta hasil uji respon peserta didik. Pada uji validitas ahli materi terhadap produk memperoleh nilai persentase rata-rata hasil kedua validator sebesar 90,0% dengan kriteria “Sangat Valid”. Untuk tingkat validasi ahli media memperoleh nilai persentase rata-rata hasil kedua validator sebesar 90,0% dengan kriteria “Sangat Valid”. Setelah melewati uji validasi oleh para ahli, selanjutnya diperoleh desain akhir e-magazine kemudian untuk langkah terakhir yakni uji respon peserta didik, pada tahap ini berdasarkan angket hasil respon peserta didik diperoleh hasil persentase 84,2% dengan kriteria “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan bahwa e-magazine valid dan layak digunakan sebagai bahan sumber belajar peserta didik.Hasil nilai dari validator ahli materi dan ahli media keduanya menunjukkan kriteria sangat valid hal ini menunjukkan produk yang telah dikembangkan dapat dipergunakan dalam proses belajar mengajar kimia untuk mengupayakan peningkatan literasi sains peserta didik dan minat belajar kimia pada materi laju reaksi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia Bahasa Dan Sastra > Literasi Pendidikan > Sumber Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212193012 FIRDA YUNITA LESTARI |
Date Deposited: | 27 May 2025 06:51 |
Last Modified: | 27 May 2025 06:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57637 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |