IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA MTS MA'ARIF BAKUNG UDANAWU

FAWAZ FADAKIS MUHAMMAD, 126201201001 (2024) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA MTS MA'ARIF BAKUNG UDANAWU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa MTs Ma'arif Bakung Udanawu” yang ditulis oleh Fawaz Fadakis Muhammad NIM 126201201001. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Irma Fauziah. M.Pd. Kata kunci: metode, pembelajaran, Cooperative Script Kegiatan pembelajaran merupakan suatu kondisi yang dengan sengaja diciptakan. Gurulah yang menciptakannya guna memberikan pengajaran kepada siswa. Guru yang mengajar dan siswa yang belajar. Guru harus bijaksana dalam memilih metode pembelajaran sehingga siswa dapat memahami secara luas materi yang diajarkan. Banyak siswa yang kurang menyukai mata pelajaran Fiqih, karena menurut mereka fiqih merupakan mata pelajaran yang membosankan. Agar hasil yang diajarkannya tercapai secara optimal, maka guru fiqih MTs Ma’arif Bakung Udanawu menerapkan metode Cooperative Script ini pada pembelajaran Fiqih yang diajarkanya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan metode Cooperative Script pada mata pelajaran Fiqih MTs Ma’arif Bakung Udanawu, (2) Untuk mengetahui bagaimana proses penerapan metode Cooperative Script pada mata pelajaran Fiqih MTs Ma’arif Bakung Udanawu, (3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi metode Cooperative Script pada mata pelajaran Fiqih MTs Ma’arif Bakung Udanawu. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kulitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentsi. Data dianalisis melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi teknik triangulasi,meningkatkan ketekunan, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Perencanaan metode pembelajaran Cooperative Script disesuaikan dengan kurikulum kurikulum merdeka. Pemilihan metode ini disesuaikan dengan situasi, materi dan juga kemampuan siswa sehingga siswa dapat hasil yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. (2). Proses penerapan metode pembelajaran Cooperative Script yaitu dengan membagi kelompok siswa, dan masing-masing kelompok terdapat mininal 2 siswa dan maksimal 4 siswa. Media dari metode ini disesuaikan dengan materi yang sedang diajarkan. Dalam hal pengawasan menjadi kunci dalam penerapan metode ini, guru harus bisa secara langsung mengawasi siswa. Jadi, tolak ukur yang digunakan adalah siswa telah selesai mengerjakan tugasnya dengan baik. (3). Evaluasi dari metode pembelajaran Cooperative Script merupakan proses penilaian pertumbuhan siswa dalam proses belajar mengajar, baik posisi peserta didik sebagai individu maupun posisinya di dalam kegiatan kelompok. Sebagai alat untuk mengetahui apakah peserta didik telah menguasai pengetahuan, nilai-nilai, dan keterampilan yang telah diberikan oleh seorang guru. Dengan penugasan yang masuk dalam nilai pengetahuan, kemudian nilai sikap diukur dari bagaimana kebiasaan mereka sehari-hari di sekolah, serta nilai keterampilan siswa diambil dari praktik mereka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201001 FAWAZ FADAKIS MUHAMMAD
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:00
Last Modified: 04 Jun 2025 02:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57663

Actions (login required)

View Item View Item