KUNTI AZIZATUL MALIKAH, 1880505220030 (2024) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENGASAH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA (Studi Multi Situs di MIN 4 Tulungagung dan MI Al-Islamiyah Pinggirsari Tulungagung). [ Thesis ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (712kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Ummi, Kemampuan Membaca, Al-Quran. Berkembangnya metode dalam dunia pendidikan membawa dampak terhadap pembelajaran Al-Quran. Salah stunya implementasi Metode Ummi ini benar-benar dapat mengasah kemampuan membaca Al-Qur’an. Dengan metode ini dirasa merupakan metode yang tepat untuk sarana mengasah kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Sehingga diharapkan juga dengan menggunakan metode ini akan bertambahnya generasi qur’ani di era modern ini. Tujuan Penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendiskripsikan perencanaan pelaksanaan Metode Ummi dalam mengasah kemampuan membaca Al-Qur’an melalui Metode Ummi pada siswa di MIN 4 Tulungagung. 2) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan Metode Ummi dalam mengasah kemampuan membaca Al-Qur’an melalui Metode Ummi pada siswa di MI Al-Islamiyah Pinggirsari. 3) Untuk mendiskripsikan evaluasi pelaksanaan Metode Ummi dalam mengasah kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas 4 melalui penerapan Metode Ummi di MIN 4 Tulungagung dan MI AlIslamiyah Pinggirsari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan sesuai teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian yaitu: 1) Perencanaan pelaksanaan Metode Ummi untuk mengasah kemampuan membaca Al-Quran di MIN 4 Tulungagung adalah langkah yang tepat. Dengan perencanaan yang matang, konsistensi dalam pelaksanaan, dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan Metode Ummi dapat memberikan dampak yang positif dan signifikan bagi kemajuan siswa dalam menguasai AlQur'an 2) Pelaksanaan Metode Ummi dalam mengasah kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di MI Al-Islamiyah Pinggirsari sudah berjalan dengan baik. Melalui metode ini, siswa diajak untuk mengenal huruf hijaiyah, mempelajari tajwid, dan membaca AlQur’an secara tartil dengan praktik terus-menerus. Pengulangan materi, pelatihan khusus bagi guru, dan dukungan media pembelajaran menjadi poin penting dalam pelaksanaan Metode Ummi. 3) Evaluasi pelaksanaan Metode Ummi di MIN 4 Tulungagung dan MI Al-Islamiyah Pinggirsari menjadi instrumen penting dalam memastikan kontinuitas dan peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di kedua lembaga, serta memberikan keyakinan bahwa Metode Ummi merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam mengasah kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas 4.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 1880505220030 KUNTI AZIZATUL MALIKAH |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 01:47 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 01:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |