MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 1 CAMPURDARAT

NUR ROHMATUL JANNAH, 126207211028 (2025) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 1 CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (776kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul ”Manajemen Kesiswaan Dalam Mengoptimalkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Campurdarat” ini ditulis oleh Nur Rohmatul Jannah, NIM 126207211028, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. Zainudin, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Mengoptimalkan Hasil Belajar peserta didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan manajemen kesiswaan di SMAN 1 Campurdarat. Sekolah ini tergolong sekolah pinggiran namun tidak kalah unggul dengan sekolah lain yang terletak di tengah kota. Dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi lalu mencari dampak manajemen kesiswaan terhadap hasil belajar peserta didik. Fokus dari penelitian ini yaitu 1)Bagaimana perencanaan manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Campurdarat, 2)Bagaimana pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Campurdarat, 3)Bagaimana evaluasi manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan hasil belajar peserta didik SMAN 1 Campurdarat. Penelitian ini bertujuan mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah, waka kesiswaan dan guru dalam mengoptimalkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala sekolah, waka kesiswaan,guru mata pelajaran, guru bimbingan konseling, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan pengumpulan data, kondensasi data , penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi, perpanjangan pengamatan, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, review informan, analisis kasus negatif, mengunakan bahan referensi dan membercheck. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut : 1) Perencanaan manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Campurdarat dengan kegiatan sosialisasi guna menarik minat siswa jenjang SMP/Tsanawiyah lewat promosi. Selain itu dari kepala sekolah memberi segala kebutuhan siswa sebagai penunjang bakat. 2) Pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Campurdarat dengan melaksanakan pembinaan siswa, pembentukan jasmani dan rohani terhadap siswa, Program double track multimedia 3) Evaluasi manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan hasil belajar peserta didik SMAN 1 Campurdarat ini kepala sekolah bekerja sama dengan semua elemen yang ada di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207211028 NUR ROHMATUL JANNAH
Date Deposited: 02 Jun 2025 06:42
Last Modified: 02 Jun 2025 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57732

Actions (login required)

View Item View Item