BETA PERTIWI REGITA CAHYANI, 126207213114 (2025) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS SARANA DAN PRASARANA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (516kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (992kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kualitas Sarana dan Prasarana di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Beta Pertiwi Regita Cahyani, NIM 126207213114, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Mukhammad Sukur, S.H.I, M.Pd.I. NIDN.2001058304. Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Kualitas, Sarana dan Prasarana Masalah kualitas pendidikan saat ini telah lama menjadi perbincangan dunia industri, politisi, masyarakat, orang tua dan pendidik. Banyak pendapat pakar pendidikan yang menegaskan bahwa keberadaan guru sebagai sumber daya manusia yang sangat menentukann keberhasilan dalam program pendidikan. Namun, keberadaan unsur lain seperti kelengkapan sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana yang memadai merupakan faktor penting dalam mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien, sehingga tidak hanya dipandang sebelah mata. Agar peningkatan kualitas sarana dan prasarana tetap terjaga, maka diperlukan upaya yang lebih baik dari warga sekolah khususnya kepala madrasah dalam memilih strategi yang tepat. Fokus masalah pada penelitian ini adalah (1) Perencanaan kepala madrasah dalam peningkatan kualitas sarana dan prasarana di MTsN 1 Tulungagung (2) Pelaksanaan kepala madrasah dalam peningkatan kualitas sarana dan prasarana di MTsN 1 Tulungagung (3) Evaluasi kepala madrasah dalam peningkatan kualitas sarana dan prasarana di MTsN 1 Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan kepala madrasah dalam peningkatan kualitas sarana dan prasarana di MTsN 1 Tulungagung, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan kepala madrasah dalam peningkatan kualitas sarana dan prasarana di MTsN 1 Tulungagung, (3) Mendeskripsikan evaluasi kepala madrasah dalam peningkatan kualitas sarana dan prasarana di MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data berasal dari kepala madrasah, waka sarana prasarana, guru/staff pengembang sarana prasarana, dan komite madrasah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles and Huberman, yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecakan data dilakukan dengan triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu), peer reviewing (diskusi teman sejawat), dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kepala madrasah dalam peningkatan kualitas sarana dan prasarana di MTsN 1 Tulungagung yaitu dilaksanakan melalui analisis kebutuhan setiap tahun dengan melibatkan guru, komite dan pemerintah dan mengacu pada hasil Evaluasi Diri Madrasah. (2) Pelaksanaan kepala madrasah dalam peningkatan kualitas sarana dan prasarana di MTsN 1 Tulungagung yaitu dengan menyusun program prioritas yang terdiri dari penambahan Smart TV dan TV Touchscreen, pembangunan gedung perpustakaan, peningkatan peralatan laboratorium dilengkapi peralatan terkini, penambahan kipas angina di ruang kelas, pengecatan ulang dinding kelas, dan perbaikan kursi dan meja yang rusak kemudian memantau sejauh mana guru dapat memanfaatkan fasilitas sarana dan prasarana yang telah tersedia. (3) Evaluasi kepala madrasah dalam peningkatan kualitas sarana dan prasarana di MTsN 1 Tulungagung yaitu dilakukan setiap akhir tahun, secara berkala, dan spontan dan melihat dari segi keberadaan dan pemanfaatannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Islam Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207213114 BETA PERTIWI REGITA CAHYANI |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 08:37 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 08:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |