PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF (Studi Kasus di Kelas 4B Pelajaran IPAS MI AL-ITTIHAD Jombang)

NOVITA MAR’ATUSH SHOLICHAH, 126205213212 (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF (Studi Kasus di Kelas 4B Pelajaran IPAS MI AL-ITTIHAD Jombang). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif (Studi Kasus di Kelas 4B Pelajaran IPAS MI AL-Ittihad Jombang)”. Ditulis oleh Novita Mar’atush Sholichah, NIM. 126205213212, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd.I. Kata Kunci: Berpikir Kritis, IPAS, Kreativitas, Mind Mapping, Pembelajaran Interaktif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kurangnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik dalam pembelajaran. Peserta didik cenderung masih sulit untuk menemukan ide baru yang dapat digunakan untuk memunculkan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik dalam menyelesaikan tugas dan permasalahan yang dihadapi. Hal tersebut diperlukan inovasi baru dalam kegiatan pembelajaran dengan memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan. Salah satu metode inovatif yang dapat diterapkan adalah metode pembelajaran Mind Mapping, yaitu teknik pembelajaran yang memvisualisasikan konsep menggunakan warna, gambar, dan hubungan antar pemikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik kelas 4B pada pelajaran IPAS di MI Al-Ittihad Jombang. Adapun fokus penelitiannya yaitu (1) Bagaimana langkah-langkah penerapan metode pembelajaran Mind Mapping agar peserta didik dapat berpikir kritis dan kreatif di pelajaran IPAS kelas 4B MI AL-Ittihad Jombang? (2) Bagaimana respon peserta didik terhadap pembelajaran metode Mind mapping di pelajaran IPAS kelas 4B MI AL-Ittihad Jombang? (3) Bagaimana implikasi penerapan metode pembelajaran Mind mapping dipelajaran IPAS kelas 4B MI AL-Ittihad Jombang?. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berasal dari berbagai sumber, antara lain kepala madrasah, wakil kurikulum, guru IPAS kelas 4B, dan tiga peserta didik kelas 4B. Dalam observasi partisipan akan mengamati lebih dalam tentang penerapan metode pembelajaran Mind Mapping di MI Al-Ittihad Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Mind Mapping memberikan dampak positif terhadap proses dan hasil belajar peserta didik. Dari segi berpikir kritis, peserta didik menunjukkan peningkatan dalam kemampuan menganalisis masalah, mengajukan solusi, dan membuat keputusan yang logis. Dalam aspek berpikir kreatif, peserta didik mampu menghasilkan ide-ide baru, menyajikan gagasan secara visual, dan mengembangkan konsep dengan cara yang orisinal. Suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan juga tercipta, sehingga meningkatkan antusiasme peserta didik terhadap pelajaran. Guru dan peserta didik sama-sama memberikan respons positif terhadap metode ini, yang dianggap mampu menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205213212 NOVITA MAR'ATUSH SHOLICHAH
Date Deposited: 04 Jun 2025 01:53
Last Modified: 04 Jun 2025 01:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57793

Actions (login required)

View Item View Item