STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN RELIGIUSITAS SISWA MAN 1 KOTA KEDIRI

SHEFIA RAHMA WATI, 126201201066 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN RELIGIUSITAS SISWA MAN 1 KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Shefia Rahma Wati, NIM 126201201066, 2024, Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Religiusitas Siswa, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh ibu Anissatul Mufarokah, S.Ag. M.Pd. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Guru PAI, Religiusitas Berdasarkan konteks penelitian bahwa Pendidikan agama Islam di sekolah sering dianggap kurang berhasil dalam menggarap sikap dan perilaku keberagaman peserta didik, karena pada Realitanya perilaku pelajar yang sangat nyata adalah semakin meningkatnya para pelajar yang terlibat tawuran antar pelajar, pergaulan narkoba, pencurian, pergaulan bebas dan lain sebagainya. Menumbuhkan religiusitas adalah hal penting yang harus dilakukan untuk menanggulangi dan mengatasi berbagai hal di atas. Maka dari itu diperlukannya Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan nilai religius. melalui pengetahuan keberagamaan yang baik, peserta didik dapat meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, serta menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Selain itu melalui pengetahuan keberagamaan yang baik peserta didik dapat menyikapi pengaruh perkembangan globalisasi yang berdampak negatif bagi kalangan masa remaja, sehingga dapat berperilaku sesuai dengan ajaran agama Islam. Oleh sebab itu Pendidikan Agama Islam di sekolah sangat diperlukan untuk mengembangkan fitrah beragama anak dalam mewujudkan perilaku religius yang sesuai dengan norma-norma agama Islam. Sehingga dalam hal ini peneliti sangat tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengangkat sebuah judul Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Religiusitas siswa di MAN 1 Kota Kediri Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah (1) perencanaan program pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan religiusitas siswa di MAN 1 Kota Kediri (2) pelaksanaan program pembelajaran guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan religiusitas siswa di MAN 1 Kota Kediri (3) evaluasi pelaksanaan program pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan religiusitas siswa di MAN 1 Kota Kediri. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan perencanaan program pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan religiusitas siswa di MAN 1 Kota Kediri. (2) Untuk memaparkan pelaksanaan program pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan religiusitas siswa di MAN 1 Kota Kediri. (3) Untuk memaparkan evaluasi pelaksanaan program pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan religiusitas siswa di MAN 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisa data menggunakan model interaktif dari miles and hubarman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan/keajegan pengamatan dan triangulasi. Adapun hasil temuan penelitian sebagai berikut:1) Perencanaan program pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan religiusitas siswa di Man 1 kota kediri dengan Merencanakan Program Keagamaan yang Terbagi menjadi 2 jenis yaitu kegiatan program keagamaan di dalam kelas dan kegiatan program keagamaan di luar kelas. Penyusunan Perencanaan program keagamaan Islam di luar kelas mengacu pada visi dan misi sekolah setelah itu dimasukkan ke dalam KOM Man 1 Kota Kediri dan proker tahunan dari organisasi ski. program keagamaan yang dirancang oleh Guru PAI dalam menumbuhkan religiusitas terbagi menjadi dua, yaitu kegiatan di dalam kelas dan di luar kelas. Kegiatan di dalam kelas meliputi Tadarus Al Quran dan include kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Sementara kegiatan di luar kelas meliputi program pembiasaan (sholat berjamaah dhuha dzuhur ashar dan sholat jumat, kegiatan keputrian, kultum, Qotmil Quran dan infaq), insidentil ( PHBI, Pondok Ramadhan dan Takziah), Ekstrakurikuler ( hadroh, seni baca AL-Qur’an, Tahfidz Qur’an dan Kaligrafi). 2) Pelaksanaan program pembelajaran guru PAI dalam menumbuhkan religiusitas siswa di MAN 1 Kota Kediri Pelaksanaan Program di dalam kelas include pada saat pembelajaran pada tahap awal, inti dan penutup. Pelaksanaan Program keagamaan di luar kelas sudah terjadwal dan terbagi menjadi 3 jenis yaitu pembiasaan, insidentil dan ekstrakurikuler. 3) Evaluasi pelaksanaan program pembelajaran guru PAI dalam menumbuhkan religiusitas siswa di MAN 1 Kota Kediri di dalam kelas dilakukan melalui penilaian guru secara formatif dan sumatif sedangkan di luar kelas dengan melaksanakan pantauan secara langsung dan rapat forum pimpinan. terdapat Faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi tersedianya sarana prasarana, dukungan dari wali murid, komite sekolah, pembina , waka dan kepala sekolah. Dan tersedianya pembiayaan. Faktor penghambat meliputi pembiayaan yang sangat minim, SDM khusus kurang nya partisipasi guru dalam proses pelaksanaan program kegiatan, kurangnya kesadaran dan kekompakan anggota ski.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201066 SHEFIA RAHMA WATI
Date Deposited: 10 Jun 2025 01:42
Last Modified: 10 Jun 2025 01:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57827

Actions (login required)

View Item View Item