PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIASAKAN SALAT BERJAMAAH PESERTA DIDIK DI MI DARUSSALAM PANDANARUM NGANJUK

FATMA AULIANA, 126201202096 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIASAKAN SALAT BERJAMAAH PESERTA DIDIK DI MI DARUSSALAM PANDANARUM NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (754kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Salat Berjamaah Peserta Didik di MI Darussalam Pandanarum Nganjuk” ini ditulis oleh Fatma Auliana, NIM. 126201202096, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Sulistyorini, M, Ag. Kata Kunci : Peran Guru PAI, Membiasakan, Sholat Berjamaah Guru berperan besar dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi siswa selama pelaksanaan sholat berjamaah. Dalam hal ini pelaksanaan program pembinaan keagamaan di sekolah perlu dijalankan baik dan tertib agar mampu meningkatkan perilaku beribadah sholat berjamaah peserta didik di sekolah. Maka diperlukan peran guru untuk membimbing para peserta didik untuk senantiasa menunaikan ibadah terutama sholat. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut : 1) Bagaimana peran guru PAI sebagai inspirator dalam membiasakan salat berjamaah bagi peserta didik di MI Darussalam Pandanarum Nganjuk?, 2) Bagaimana peran guru PAI sebagai motivator dalam membiasakan salat berjamaah bagi peserta didik di MI Darussalam Pandanarum Nganjuk? , 3) Bagaimana peran guru PAI sebagai evaluator dalam membiasakan salat berjamaah bagi peserta didik di MI Darussalam Pandanarum Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam tak terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas yaitu perpanjangan kehadiran, diskusi sejawat, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Peran guru PAI sebagai inspirator diwujudkan melalui keteladanan, seperti konsistensi guru dalam melaksanakan salat berjamaah bersama peserta didik dan memberikan contoh nilai-nilai positif terkait pentingnya salat berjamaah. (2) Peran guru PAI sebagai motivator memberikan dorongan berupa penghargaan, menasehati, memberi reward, dan penguatan spiritual untuk meningkatkan kesadaran peserta didik terhadap pentingnya salat berjamaah. (3) Peran guru PAI sebagai evaluator tercermin dalam kegiatan pemantauan kehadiran, mengontrol, pengamatan langsung terhadap pelaksanaan salat berjamaah, serta pemberian umpan balik yang bersifat membangun kepada peserta didik dan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202096 FATMA AULIANA
Date Deposited: 10 Jun 2025 02:28
Last Modified: 10 Jun 2025 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57833

Actions (login required)

View Item View Item