PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS BOARD GAME TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL HIDAYAH 01 BETAK

WINJAYANTI MELDA PRATIWI, 126205213219 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS BOARD GAME TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL HIDAYAH 01 BETAK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (980kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Board Game terhadap Pemahaman Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Matematika di MI Al Hidayah 01 Betak” ini ditulis oleh Winjayanti Melda Pratiwi, NIM 126205213219, dengan pembimbing Dr. Susanto, M.Or. Kata Kunci: Teams Games Tournament, Pemahaman Siswa, Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang menganggap mata pelajaran matematika sulit, karena biasanya guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, yang mengakibatkan siswa merasa jenuh dan bosan. Oleh karena itu, para guru dituntut untuk mencari model pembelajaran yang berbeda dan disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran Teams Game Tournament berbasis Board Game terhadap pemahaman siswa kelas IV matapelajaran matematika di MI Al Hidayah 01 Betak?. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournamentberbasis Board Game terhadap pemahaman siswa kelas IV mata pelajaranmatematika di MI Al Hidayah 01 Betak. Pendekatan penelitian ini adalah pendeketan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Lokasi penelitian dilaksanakan di MI Al Hidayah 01 Betak. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas, kelas ekperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis Non Prabibility Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sampel t-test. Hasil pengujian normalitas untuk data nilai angket diketahui nilai Sig. (2- tailed) pada kelas eksperimen pre-test sebesar 0,369 > 0,05 dan post-test sebesar 0,094 > 0,05. Sedangkan kelas kontrol pre-test sebesar 0,074 > 0,05 dan post-test sebesar 0,848 > 0,05. Selanjutnya uji homogenitas data angket nilai Sig. sebesar 0,959 > 0,05. Kemudian uji hipotesis angket diperoleh nilai thitung pada Equal Variances Assumed = 4,208. Hasil pengujian normalitas untuk data nilai tes diketahui nilai Sig. (2-tailed) pada kelas eksperimen pre-test sebesar 0,076 > 0,05 dan post-test sebesar 0,184 > 0,05. Sedangkan kelas kontrol pre-test sebesar 0,375 > 0,05 dan post-test sebesar 0,664 > 0,05. Selanjutnya uji homogenitas data tes nilai Sig. sebesar 0,387 > 0,05. Setelah itu, hasil uji hipotesis untuk penghitungan nilai tes diperoleh nilai thitung pada Equal Variances Assumed = 2,943. Dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament berbasis Board Game terhadap pemahaman siswa mata pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai Sig. yang diperoleh. Angket pemahaman siswa diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan untuk tes pemahaman siswa diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,006 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205213219 WINJAYANTI MELDA PRATIWI
Date Deposited: 10 Jun 2025 01:13
Last Modified: 10 Jun 2025 01:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57843

Actions (login required)

View Item View Item