STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) SISWA KELAS III MI BENDILJATI WETAN

FEBRIANA KARTIKA PUTRI, 126205212104 (2025) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) SISWA KELAS III MI BENDILJATI WETAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (541kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengembangkan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Siswa Kelas III MI Bendiljati Wetan”. Ini ditulis oleh Febriana Kartika Putri, NIM.126205212104, dengan pembimbing Rohmah Ivantri,M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Berpikir Kritis, IPAS Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena bahwa strategi guru disekolah dasar tergolong masih kurang efektif dan kurang bervariasi digunakan oleh guru dalam mengembangkan berpikir kritis siswa. Melalui penelitian ini, penulis berupaya untuk mengetahui pelaksanaan strategi guru yang dilakukan untuk mengembangkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di MI Bendiljati Wetan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi yang diterapkan guru dalam mengembangkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS. (2) Bagaimana dampak strategi yang diterapkan guru terhadap perkembangan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS. (3) Apa saja tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan strategi untuk mengembangkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan guru dalam mengembangkan berpikir kritis siswa, untuk mendeskripsikan dampak strategi yang diterapkan guru terhadap perkembangan berpikir kritis siswa dan untuk mendeskripsikan apa saja tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan strategi untuk mengembangkan berpikir kritis siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di MI Bendiljati Wetan. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan guru yaitu guru menyiapkan perangkat pembelajaran seperti modul ajar, menerapkan metode pertanyaan sokratik (pertanyaan terbuka), problem solving (pemecahan masalah), pendekatan saintifik, dan project based learning (diskusi). Strategi lain yang diterapkan untuk upaya pengembangan berpikir kritis siswa yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran benda-benda konkret,gambar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) serta adanya ekstrakulikuler pramuka. Dampak strategi yang diterapkan yaitu meningkatnya motivasi belajar,kemampuan kognitif dan keaktifan siswa, berdampak pada madrasah atas prestasi yang diraih, meningkatnya kepercayaan diri siswa dalam berpendapat dan pemecahan masalah serta berdampak pada kehidupan sehari-hari siswa. Tantangan yang dihadapi guru dalam mengembangkan berpikir kirtis siswa yaitu dari faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa seperti kemampuan kognitif dan karakteristik siswa yang berbeda-beda. Tantangan yang berasal dari faktor eksternal yaitu sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai serta lingkungan sosial siswa. Adapun upaya dalam mengahadapi tantangan tersebut yaitu dengan pendampingan penuh dan pembelajaran berdiferensiasi. Berdasarkan ulasan tersebut strategi yang diterapkan di MI Bendiljati Wetan sudah cukup bervariatif dan efektif dalam perkembangan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212104 FEBRIANA KARTIKA PUTRI
Date Deposited: 05 Jun 2025 04:51
Last Modified: 05 Jun 2025 04:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57854

Actions (login required)

View Item View Item