THE EFFECTIVENESS OF THE GAME-BASED LEARNING METHOD ‘WHISPER DOWN THE LANE’ TOWARDS ENGLISH VOCABULARY MASTERY OF GRADE 7 STUDENTS AT MTS ASWAJA TULUNGAGUNG

AZIZATUL UMROH, 126203211014 (2025) THE EFFECTIVENESS OF THE GAME-BASED LEARNING METHOD ‘WHISPER DOWN THE LANE’ TOWARDS ENGLISH VOCABULARY MASTERY OF GRADE 7 STUDENTS AT MTS ASWAJA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Umroh, Azizatul. 2025. The Effectiveness of the Gamed-Based Learning Method ‘Whisper Down the Lane’ towards English Vocabulary Mastery of Grade 7 Students at MTs Aswaja Tulungagung. Skripsi. Program Studi Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Nurul Chojimah, M. Pd. Kata kunci: Pembelajaran berbasis permainan, whisper down the lane, penguasaan kosakata bahasa Inggris, pendidikan sekolah menengah pertama. Penguasaan kosakata merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris karena menjadi dasar bagi keterampilan berbahasa lainnya seperti mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Namun, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam mengingat dan menggunakan kosakata dengan tepat. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang menarik dan cenderung membuat siswa pasif. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan, salah satunya adalah melalui metode permainan Whisper Down the Lane. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran berbasis permainan Whisper Down the Lane terhadap penguasaan kosakata siswa kelas 7 di MTs Aswaja Tulungagung. Metode ini diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, interaktif, dan memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam mempelajari kosakata Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental, khususnya one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 MTs Aswaja Tulungagung yang berjumlah 17 siswa. Data dikumpulkan melalui tes penguasaan kosakata yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan metode Whisper Down the Lane. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t berpasangan (paired sample t-test) untuk mengetahui adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata siswa setelah diterapkannya metode Whisper Down the Lane. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji statistik yang menunjukkan nilai signifikansi (p-value) < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, metode pembelajaran Whisper Down the Lane efektif terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas 7 MTs Aswaja Tulungagung. Guru disarankan untuk menerapkan metode ini dengan tujuan yang jelas dan menggabungkannya dengan strategi lain agar sesuai dengan berbagai kebutuhan pembelajaran. Siswa harus berpartisipasi secara aktif dan memperkuat kosakata melalui praktik mandiri. Peneliti di masa mendatang didorong untuk mengeksplorasi efek jangka panjangnya dan kemungkinan tantangan dalam penerapannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 126203211014 AZIZATUL UMROH
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:01
Last Modified: 12 Jun 2025 02:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57890

Actions (login required)

View Item View Item