SHELLA RHODINIA, 126209211040 (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MATERI PENJAJAHAN BELANDA KELAS XI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (598kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Motivasi dan Kemampuan Kognitif Siswa Materi Penjajahan Belanda Kelas XI SMAN 1 Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Shella Rhodinia, NIM: 126209211040, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata Kunci: Snowball Throwing, Motivasi, Kemampuan Kognitif. Model pembelajaran Snowball Throwing merupakan salah satu modifikasi teknik bertanya. Model ini menitik beratkan pada kemampuan membuat pertanyaan. Snowball Throwing dikemas dalam permainan yang menarik yaitu saling melempar bola salju yang berisikan pertanyaan. Siswa yang menerima bola kertas lalu membuka dan menjawab pertanyaannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap motivasi belajar siswa pada materi penjajahan Belanda? 2)Adakah pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi penjajahan Belanda? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap motivasi dan kemampuan kognitif siswa pada materi penjajahan Belanda? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Lokasi penelitian berada di SMAN 1 Kauman. Sampel penelitian ini adalah kelas XI-H (Kelas eksperimen) berjumlah 30 siswa dan kelas XI-I (Kelas kontrol) berjumlah 30 siswa. Pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat ( uji normalitas dan uji homogeitas) dan uji hipotesis (uji t-test dan uji MANOVA), pengujian data penelitian tersebut menggunakan SPSS 22.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : 1) Ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap motivasi belajar siswa pada materi penjajahan Belanda kelas XI SMAN 1 Kauman, dibuktikan dengan nilai sig.(2-tailed) < 0,05, yakni 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi penjajahan belanda kelas XI SMAN 1 Kauman, dibuktikan dengan nilai sig.(2-tailed) < 0,05, yakni 0,001 < 0,05. 3) Ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap motivasi dan kemampuan kognitif siswa pada materi penjajahan Belanda kelas XI SMAN 1 Kauman, dibuktikan dengan nilai sig.(2-tailed) < 0,05, yakni 0,000 < 0,05. Selain itu nilai rata-rata motivasi belajar antara kelas ekperimen dan kontrol yakni lebih unggul kelas eksperimen sebesar 75,67 > 60,47, serta rata-rata nilai kemampuan kognitif juga lebih unggul kelas ekperimen sebesar 86,17 > 78,67. Maka dari ketiga hasil penelitian tersebut dapat diperoleh bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209211040 SHELLA RHODINIA |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:03 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 02:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |