KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA MTs NEGERI 5 TULUNGAGUNG

WINDA PERTIWI, 12204173214 (2024) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA MTs NEGERI 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (657kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence Siswa MTs Negeri 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Winda Pertiwi, NIM. 12204173214, pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence Kemampuan komunikasi matematis perlu ditingkatkan lagi agar siswa dapat menyelesaikan masalah matematika dengan baik. Namun, pada kenyataannya banyak siswa masih pasif dan belum memiliki keberanian untuk mengungkapkan ide matematika. Hal ini yang menyebabkan kemampuan komunikasi matematis siswa belum terbentuk. Akan tetapi, siswa belum cukup hanya mengasah kemampuan matematisnya saja, tetapi aspek afektif atau sikap terhadap matematika juga sangat perlu ditanamkan. Salah satu sikap afektif itu yaitu self-confidence. Self-confidence adalah seberapa besar anak mempercayai kemampuan dirinya atau tingkat kepercayaan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-confidence tinggi siswa MTs Negeri 5 Tulungagung, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-confidence sedang siswa MTs Negeri 5 Tulungagung, (3) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-confidence rendah siswa MTs Negeri 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VII-E MTs Negeri 5 Tulungagung dengan self-confidence tinggi, sedang dan rendah yang masing-masing 2 siswa pada setiap kategori. Teknik pengumpulan data meliputi angket self-confidence, tes kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki self-confidence tinggi memenuhi lima indikator yaitu, menghubungkan benda nyata ke dalam ide matematika; menjelaskan situasi matematika dengan gambar; menyatakan peristiwa sehari-hari dalam simbol matematika; menggunakan bahasa sendiri untuk menjelaskan solusi masalah; dan membuat kesimpulan jawaban, (2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki self-confidence sedang memenuhi tiga indikator yaitu, menghubungkan benda nyata ke dalam ide matematika; menggunakan bahasa sendiri untuk menjelaskan solusi masalah; dan membuat kesimpulan jawaban, dan (3) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki self-confidence rendah hanya mampu memenuhi satu indikator yaitu, menggunakan bahasa sendiri untuk menjelaskan solusi masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173214 WINDA PERTIWI
Date Deposited: 11 Jun 2025 02:39
Last Modified: 11 Jun 2025 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57928

Actions (login required)

View Item View Item