ZAHROTUN NAHLA, 126209211045 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMPN 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Minat dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 1 Srengat Blitar" Ini ditulis oleh Zahrotun Nahla, NIM. 126209211045, Pembimbing Dr. Yudi Krisno Wicaksono, M. IP., NIP. 199104252019031021. Kata Kunci: Model Pembelajaran Time Token, Minat Belajar, Kemampuan Kognitif Penelitian ini berlatar belakang dari keadaan siswa yang ketika pembelajaran kurang semangat dan cenderung pasif. Siswa menganggap pelajaran IPS membosankan dan sulit sehingga minat belajar siswa rendah. Minat belajar siswa yang rendah ini akan berpengaruh pada kemampuan kognitif siswa. Siswa yang minat belajarnya rendah cenderung pasif sehingga kemampuan kognitif yang didapat kurang memuaskan. Upaya yang dapat dilakukan dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan menarik salah satunya dengan model pembelajaran time token. Model pembelajaran time token menjadikan siswa aktif dan lebih semangat sehingga mendapatkan nilai kemampuan kogitif yang memuaskan. Penggunaan model pembelajaran time token ini dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan kognitif siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran time token terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Srengat Blitar? (2) Adakah pengaruh model time token terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Srengat Blitar? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran time token terhadap minat dan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Srengat Blitar?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran time token terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Srengat Blitar. (2) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran time token terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Srengat Blitar. (3) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran time token terhadap minat dan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasy Experimental Design dan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini semua siswa kelas VIII SMPN 1 Srengat Blitar. Sampel penelitian ini 32 siswa kelas kontrol dan 32 siswa kelas ekperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket minat belajar siswa dan tes kemampuan kognitif siswa. Analisis data pada pengujian hipotesis menggunakan uji Independent sampel T-Test dan Uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran time token berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Srengat. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. (2) Model pembelajaran time token berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Srengat. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. (3) Model pembelajaran time token berpengaruh terhadap minat dan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Srengat. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209211045 ZAHROTUN NAHLA |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 02:53 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 02:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |