AYU NANDA NABILA, 126207211004 (2025) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI PESERTA DIDIK DI SMPN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (916kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah dalam Membentuk Kompetensi Peserta Didik di SMPN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Ayu Nanda Nabila, NIM 126207211004, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing oleh Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah, Kompetensi Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya dalam peningkatan mutu sekolah merupakan isu yang terus menerus akan menjadi perbincangan dalam pengelolan atau manajemen pendidikan. Peningkatan mutu sekolah merupakan usaha yang harus diupayakan dengan terus menerus agar harapan untuk pendidikan yang berkualitas dan relevan dapat tercapai. Pendidikan yang berkualitas merupakan harapan dan tuntutan seluruh stakeholder pendidikan. Fokus utama manajemen ini adalah pengelolaan peserta didik untuk membentuk kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan zaman dan perkembangan teknologi dan mampu bersaing di era globalisasi. Tujuan penelitian ini disusun: (1) Untuk mengetahui perencanaan peningkatan mutu sekolah dalam membentuk kompetensi peserta didik di SMPN 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan peningkatan mutu sekolah yang diterapkan dalam membentuk kompetensi peserta didik di SMPN 1 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui evaluasi peningkatan mutu sekolah dalam membentuk kompetensi peserta didik di SMPN 1 Tulungagung. (4) Untuk mengetahui tindak lanjut peningkatan mutu sekolah dalam membentuk kompetensi peserta didik di SMPN 1 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan interaktif Milles & Huberman, yaitu kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi, dan meningkatkan ketekunan. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan peningkatan mutu sekolah dalam membentuk kompetensi peserta didik di SMPN 1 Tulungagung yaitu perencanaan program akademik: penyusunan kurikulum satuan pendidikan (KSP), rencana kegitan tahunan (RKT), penetapan target capaian kompetensi, Menyusun jadwal, pendanaan, sarana prasarana. dan program non akademik: kegiatan ekstrakulikuler, pembinaan karakter, kepemimpinan siswa, kegiatan sosial dan lingkungan. (2) Pelaksanaan peningkatan mutu sekolah dalam membentuk kompetensi peserta didik di SMPN 1 Tulungagung yaitu dilakukan melalui berbagai aspek, Dalam aspek akademik siswa mendapatkan pembelajaran rutin di kelas serta bimbingan tambahan, Siswa yang berprestasi juga didorong untuk mengikuti lomba atau olimpiade, dan peningkatan kompetensi pendidik. Sedangkan dalam aspek non akademik sekolah menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler, pengadaan kegiatan P5, dan kegiatan pameran hasil karya. (3) Evaluasi peningkatan mutu sekolah dalam membentuk kompetensi peserta didik di SMPN 1 Tulungagung yaitu dalam bidang akademik, instrumen evaluasi meliputi tes formatif, sumatif, ulangan harian, ujian sekolah, dan observasi pembelajaran. Dalam aspek non-akademik, hasil evaluasi dilihat dari keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi yang diraih dalam kejuaraan-kejuaraan. (4) Tindak Lanjut peningkatan mutu sekolah dalam membentuk kompetensi peserta didik di SMPN 1 Tulungagung diantaranya yaitu melakukan evaluasi berkala terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Mengidentifikasi kendala, serta menentukan langkah perbaikan yang tepat agar setiap program benar-benar bermanfaat bagi peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Mutu Pendidikan Manajemen > Pendidikan Islam Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207211004 AYU NANDA NABILA |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 06:53 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 06:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |