PENGARUH MEDIA POP UP BOOK MELALUI METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PANGGUNGREJO

PRITHA HAPPIE IRVANDA, 126206213069 (2025) PENGARUH MEDIA POP UP BOOK MELALUI METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PANGGUNGREJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (554kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pritha Happie Irvanda. 126206213069. 2025 “ Pengaruh Media Pop Up Book Melalui Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Panggungrejo Tulungagung ” Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Bapak Germino Wahyu Broto, M. Si. Kata Kunci : Media Pop Up Book Metode Bercerita, Perkembangan Bahasa. Perkembangan bahasa anak yang masih kurang optimal menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Perkembangan bahasa anak yang kurang optimal di TK Dharma Wanita Panggungrejo seperti beberapa anak tampak mengalami kesulitan menyampaikan pendapat, belum bisa menjawab pertanyaan sederhana oleh guru. Selain itu kegiatan pembelajaran masih tampak monoton sehingga anak kurang semangat dalam pembelajaran. Perkembangan bahasa pada anak sangat penting, dan untuk mendukungnya, diperlukan stimulasi. Salah satu cara untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak adalah dengan menggunakan media buku pop-up melalui metode bercerita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Apakah terdapat pengaruh penggunaan media pop up book melalui metode bercerita terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Panggungrejo. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Panggungrejo dengan jumlah 34 anak. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh yang berjumlah 34 anak dengan setiap kelas berjumlah 17 anak. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis data dengan uji-t Independent. Dari analisis uji-t Independent t.test untuk perkembangan bahasa anak diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikansinya < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun dengan media pop up book melalui metode bercerita.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206213069 PRITHA HAPPIE IRVANDA
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:41
Last Modified: 25 Jun 2025 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57969

Actions (login required)

View Item View Item