EFEKTIVITAS E-MODUL PRAKTIKUM INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI MAN 1 BLITAR

AMALIA INTAN SAFIRA, 126211211004 (2025) EFEKTIVITAS E-MODUL PRAKTIKUM INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (682kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (463kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas E-Modul Praktikum Interaktif Berbasis Website Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Fluida Statis di Kelas XI MAN 1 Blitar” ditulis oleh Amalia Intan Safira, NIM. 126211211004, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: E-Modul praktikum, keterampilan proses sains, fluida statis Keterampilan proses sains sangat perlu dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan praktikum agar peserta didik mampu menemukan fakta dan konsep fisika secara mandiri. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di MAN 1 Blitar, peserta didik memiliki keterampilan proses sains yang tergolong rendah serta LKPD yang digunakan belum sistematis dan kurang menarik. Peserta didik juga belum memahami konsep teoritis yang mendasari praktikum sehingga persiapan praktikum membutuhkan waktu yang lama dan kurang efektif. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran E-Modul praktikum interaktif berbasis website pada materi fluida statis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan E-Modul praktikum interaktif berbasis website pada materi fluida statis; (2) mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas. E-Modul praktikum interaktif berbasis website terhadap keterampilan proses sains. Penelitian Research and Development (R&D) ini diterapkan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Pada penelitian tahap pertama populasi penelitian adalah peserta didik yang telah menerima materi fluida statis. Sampel penelitian pada tahap pertama adalah kelas XII A. Pada penelitian tahap kedua, sampel penelitian terpilih adalah kelas XI B sebagai kelas eksperimen dan kelas XI C sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi (ahli materi & ahli media), angket respon peserta didik, dan lembar observasi yang digunakan di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Hasil validasi dari dua validator ahli media menunjukkan kategori sangat valid dengan rata-rata persentase 89,16%. Hasil validasi dari dua ahli materi menunjukkan kategori sangat valid dengan rata-rata persentase 92,36%. (2) Hasil dari uji kepraktisan yang diujikan kepada 32 peserta didik kelas XII A mendapatkan rata-rata persentase 92,85% yang menunjukkan kategori sangat praktis. (3) Hasil uji efektivitas produk menunjukkan nilai rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen sebesar 91,79 dengan kategori sangat baik dan lebih unggul daripada kelas kontrol yang memiliki nilai rata-rata sebesar 58,31 dengan kategori cukup. Berdasarkan uji mann whitney diperoleh hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya, berdasarkan uji effect size cohen’s diperoleh nilai cohen’s d sebesar 2,57 dengan kategori large.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211211004 AMALIA INTAN SAFIRA
Date Deposited: 11 Jun 2025 02:22
Last Modified: 11 Jun 2025 02:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57996

Actions (login required)

View Item View Item