DHIYAA' RIHHADATUL 'AISY, 126201212146 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP SIKAP DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (784kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (637kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di SMAN 1 Karangan Trenggalek” ini ditulis oleh Dhiyaa’ Rihhadatul ‘Aisy, NIM. 126201212146. Pembimbing: Dr. H. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci : Jigsaw, Disiplin, Tanggung Jawab, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam pembentukan karakter dan sikap individu. Salah satu tujuan pendidikan adalah mengembangkan sikap disiplin dan tanggung jawab siswa. Namun, dalam praktiknya, masih banyak siswa yang belum menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab yang baik. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat membantu mengembangkan sikap disiplin dan tanggung jawab siswa. Model ini melibatkan siswa dalam proses belajar yang aktif dan kooperatif, sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan sosial, emosional, dan kognitif. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk membuktikan adanya pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap sikap disiplin siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Karangan Trenggalek. 2) Untuk membuktikan adanya pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap sikap tanggung jawab siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Karangan Trenggalek. 3) Untuk membuktikan adanya pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap sikap disiplin dan tanggung jawab siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Karangan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen design dengan design the one group posttest-only. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI E dan XI G. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji independent sampel tes (T-test) dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap sikap disiplin siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Karangan Trenggalek. Berdasarkan pengujian data diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 2) terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap tanggung jawab siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Karangan Trenggalek. Berdasarkan pengujian data diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 3) terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap sikap disiplin dan tanggung jawab siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Karangan Trenggalek. Berdasarkan pengujian data diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212146 DHIYAA' RIHHADATUL 'AISY |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 02:34 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 02:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |