PENGARUH METODE BERCERITA KISAH DALAM AL-QURAN TERHADAP AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL

ZULFA FAUZIYYAH, 126205212139 (2025) PENGARUH METODE BERCERITA KISAH DALAM AL-QURAN TERHADAP AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (862kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
DAFATR RUJUKAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Meode Bercerita Kisah Dalam Al-Quran Terhadap Akhlakul Karimah Peserta Didik Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di Mi Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Zulfa Fauziyyah, NIM. 126205212139. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing Dr. Annas Ribab Sibilana, M.Pd.I., NIP. 199210182023211026. Kata Kunci : Metode Bercerita, Akhlakul Karimah, Pembelajaran Akidah Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membentuk akhlak mulia pada peserta didik melalui metode bercerita, sebagaimana disampaikan oleh Zakiah Daradjat dan Samsul Munir Amin. Metode ini diyakini mampu menanamkan nilai-nilai akhlak, karena anak-anak cenderung meniru tokoh yang mereka dengar dalam cerita. Rumusan masalah peneliti ini meliputi: 1. Adakah pengaruh metode bercerita kisah dalam al-quran terhadap sifat amanah peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung? 2. Adakah pengaruh metode bercerita kisah dalam al-quran terhadap sifat pemaaf peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung? 3. Adakah pengaruh metode bercerita kisah dalam al-quran terhadap sifat sabar peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung? Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi, dan analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita kisah dalam Al-Qur’an tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap ketiga aspek akhlakul karimah yang diteliti. Nilai signifikansi dari ketiga variabel lebih besar dari 0,05, sehingga hipotesis H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita kisah dalam Al-Qur'an belum secara signifikan memengaruhi pembentukan sikap amanah, pemaaf, dan sabar peserta didik kelas IV dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212139 ZULFA FAUZIYYAH
Date Deposited: 11 Jun 2025 04:33
Last Modified: 11 Jun 2025 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58016

Actions (login required)

View Item View Item