TRISNA ARDHANA RISWARI, 126207211044 (2025) MANAJEMEN STRATEGI DALAM MEMBANGUN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN DI MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (925kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Strategik dalam Membangun Daya Saing Lembaga Pendidikan di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Trisna Ardhana Riswari, NIM 126207211044, Tahun 2025, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Drs. Imam Saerozi, M.HI. Kata kunci: Manajemen Startegi, Daya Saing, Lembaga Pendidikan Skripsi ini membahas tentang manajemen strategi yang diterapkan di MTsN 1 Tulungagung dalam membangun daya saing lembaga. Daya saing dari sebuah lembaga pendidikan menjadi sebuah daya tarik bagi calon peserta didik. Oleh karena itu, persaingan daya saing antar lembaga pendidikan semakin kompetitif. Persaingan yang kompetitif ditandai dengan banyaknya lembaga pendidikan yang berdiri dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Lembaga pendidikan yang kurang berkualitas akan terpinggirkan, dampaknya jumlah peserta didik yang masuk pada lembaga pendidikan tersebut semakin menurun. Jika kondisi demikian terus terjadi maka lembaga pendidikan tersebut akan kekurangan peserta didik dan menjadi lembaga yang tertinggal. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana environmental scanning (pengamatan lingkungan) dalam membangun daya saing di MTsN 1 Tulungagung?, 2) Bagaimana formulation strategy (perumusan strategi) dalam membangun daya saing di MTsN 1 Tulungagung?, 3) Bagaimana strategy implementation (implementasi strategi) dalam membangun daya saing di MTsN 1 Tulungagung?, 4) Bagaimana evaluation and control (evaluasi dan kontrol) dalam membangun daya saing di MTsN 1 Tulungagung?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan memberikan pemahaman terkait environmental scanning (pengamatan lingkungan), formulation strategy (perumusan strategi) strategy implementation (implementasi strategi), evaluation and control (evaluasi dan kontrol) dalam membangun daya saing di MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik penggumpulan data berupa observasi non-partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik keabsahan data dengan cara triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik), peer reviewing (diskusi teman sejawat), perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Environmental scanning (pengamatan lingkungan) dalam membangun daya saing di MTsN 1 Tulungagung dilakukan dengan melakukan pengamatan lingkungan internal dan eksternal. Pengamatan lingkungan internal dan eksternal dilakukan dengan metode analisis SWOT yaitu terdiri dari strength (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), threat (ancaman). 2) Formulation strategy (perumusan strategi) dilakukan oleh tim pengembang madrasah yang terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka humas, waka sarpras, dan guru senior, tenaga kependidikan, dan komite sekolah. Pada proses perumusan diawali dengan penentuan tujuan madrasah jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Penentuan tujuan madrasah diputuskan berdasarkan hasil temuan data di tahap pengamatan lingkungan dengan. Kedua, menuangkan tujuan tersebut dalam visi dan misi. Ketiga, menentukan program- program lembaga pendidikan. Dalam memformulasikan strategi penting untuk mengembangkan strategi yang inovatif dan kreatif, bukan sekadar mengikuti tren, dengan tetap mempertimbangkan dampaknya terhadap pencapaian visi dan misi madrasah. Strategi yang dirumuskan harus selaras dengan tujuan institusi, didukung oleh ketersediaan sumber daya yang memadai, serta disusun berdasarkan tingkat urgensi dan prioritas kebutuhan. Keempat, penentuan skala prioritas dari program- program yang ada. 3) Strategy implementation (implementasi strategi) dalam membangun daya saing di MTsN 1 Tulungagung dilakukan dengan penetapan dan program-program, menetapkan jumlah anggaran untuk melaksanakan program, penentuan prosedur pelaksanaan program yang dituangkan dalam SOP, sosialisasi terkait SOP, pelaksanaan program yang telah disusun sebagai strategi untuk membangun daya saing tinggi. 4) Evaluation and control (evaluasi dan kontrol) dalam membangun daya saing di MTsN 1 Tulungagung dilakukan evaluasi setiap triwulan, setiap semester, dan setiap awal tahun pembelajaran. Dalam evaluasi strategi dilakukan pengkajian ulang faktor-faktor eksternal dan internal yang menjadi landasan perumusan strategi yang sedang diterapkan, mengukur dan menilai efektivitas program dan SOP-nya, mengukur kinerja SDM, dan melakukan tindakan korektif. Kepala sekolah dibantu oleh semua waka dan guru senior untuk melakukan control. Frekuensi dan waktu pelaksanaan control mulai dari harian, mingguan, bulanan, triwulan, tiap semester, dan tahunan. Pada saat control dilakukan pengumpulan data dari laporan pendidik, tenaga kependidikan, umpan balik dari orang tua, dan siswa untuk menganalisis efektivitas program. Jika ditemukan masalah, maka segera dilakukan tindakan korektif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207211044 TRISNA ARDHANA RISWARI |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 06:33 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 06:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |