NABILLA AWALINA, 126201211056 (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTSN 2 KOTA KEDIRI TAHUN 2025. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Maata Pelajaran Fikih di MTsN 2 Kota Kediri” ini ditulis oleh Nabilla Awalina dengan NIM 126201211056, Pembimbing Evy Ramadina, S.Pd.I, M.Pd.I. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Berbasis Masalah, Berfikir Kritis, Fikih Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Fikih di MTsN 2 Kota Kediri. Berpikir kritis merupakan keterampilan esensial dalam memahami dan menerapkan hukum-hukum Fikih secara kontekstual, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang dapat merangsang pemecahan masalah secara analitis dan sistematis. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimanaa implementasi model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam memberikan penjelasan sederhana pada mata pelajaran fikih di MTsN 2 kota Kediri ? 2) Bagaimanaa implementasi model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam menentukan dasar pengambilan keputusan yang tepat pada mata pelajaran fikih di MTsN 2 kota Kediri? 3) Bagaimanaa implementasi model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam menarik kesimpulan pada mata pelajaran fikih di MTsN 2 kota Kediri ? Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data diambil dengan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi dengan guru fikih, kepala sekolah, waka kurikulum, dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi kasus. Sedangkan teknik analisa data menggunakan Data Condensasi (kondensasi data), Data Display (penyajian data), Drawing and Verifying Conclusion (pengambilan kesimpulan). Kemudian pada teknik keabsahan data dengan pengecekan melalui kredibilitas dan triangulasi teknik dan sumber.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran Fikih secara signifikan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mengidentifikasi dan memberikan penjelasann sederhana tentang masalah fikih, (2) Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran Fikih secara signifikan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam menentukan dasar pengambilan keputusan dalil hukum, (3) Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran Fikih secara signifikan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam memberikan kesimpulan berdasarkan pendekatan yang logis dan sistematis. Selain itu, metode ini juga meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelas dan membangun sikap reflektif terhadap permasalahan Fikih yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211056 NABILLA AWALINA |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 04:44 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 04:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |