PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS IBADAH SHALAT SISWA MELALUI PROGRAM MADRASAH DINIYAH DI SMP NEGERI 2 BANDUNG TULUNGAGUNG

ZULFAN ROZAKI, 126201203352 (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS IBADAH SHALAT SISWA MELALUI PROGRAM MADRASAH DINIYAH DI SMP NEGERI 2 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Ibadah Shalat Siswa melalui Program Madrasah Diniyah di SMP Negeri 2 Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Zulfan Rozaki, NIM 126201203352, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I., NIP. 198008252006041007. Kata kunci: Peran Guru PAI, Kualitas Shalat, Madrasah Diniyah. Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting dalam pendidikan Islam di Indonesia, khususnya dalam membentuk karakter dan spiritualitas siswa melalui ibadah sholat. Program madrasah diniyah di SMP Negeri menjadi strategi untuk meningkatkan kualitas ibadah sholat siswa, serta juga menumbuhkan kesadaran siswa tentang pentingnya ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pendekatan berbasis nilai spiritual, guru PAI berfungsi sebagai pendidik, pendorong, dan pembimbing yang berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran dan praktik ibadah sholat siswa, sehingga membentuk generasi yang lebih religius. Fokus dari penelitian ini mencakup: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan kualitas ibadah shalat siswa melalui program madrasah diniyah di SMP Negeri 2 Bandung Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pendorong dalam meningkatkan kualitas ibadah shalat siswa melalui program madrasah diniyah di SMP Negeri 2 Bandung Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pembimbing dalam meningkatkan kualitas ibadah shalat siswa melalui program madrasah diniyah di SMP Negeri 2 Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, serta objek penelitian di SMP Negeri 2 Bandung Tulungagung. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan 4 informan yang terdiri dari guru PAI, kepala sekolah, waka kesiswaan, serta siswa. Jenis data yang dianalisis melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yakni kredibilitas, dengan metode ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, pemeriksaan sejawat, dan perpanjangan pengamatan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru PAI sebagai edukator mencakup pengajaran teori dan praktik langsung, demonstrasi wudhu dan shalat, serta penggunaan metode ceramah dan diskusi, diikuti dengan ujian praktik dan shalat berjamaah rutin. 2) Peran guru PAI sebagai pendorong tercermin dalam pemberian apresiasi, tantangan kreatif, dukungan emosional, dan kegiatan kelompok untuk meningkatkan motivasi siswa dalam shalat. 3) Peran guru PAI sebagai pembimbing ditunjukkan melalui bimbingan intensif, pengguanaan media buku fasholatan, serta menciptakan suasana diskusi yang nyaman untuk memudahkan pemahaman siswa. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI memiliki peran strategis dalam membentuk kesadaran ibadah siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, berkontribusi pada pembentukan karakter religius siswa. Hal ini menekankan pentingnya bagi guru untuk lebih mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dalam pengajaran sehari-hari guna meningkatkan kualitas ibadah shalat siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203352 ZULFAN ROZAKI
Date Deposited: 18 Jun 2025 01:15
Last Modified: 18 Jun 2025 01:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58083

Actions (login required)

View Item View Item